Antisipasi Darurat Pangan di Kalsel, Kementan Pantau UPSUS

Senin, 06 Mei 2024 - 16:23 WIB
loading...
Antisipasi Darurat Pangan di Kalsel, Kementan Pantau UPSUS
Kementan melalui BPPSDMP menyelenggarakan Evaluasi Upaya Khusus (UPSUS) Antisipasi Darurat Pangan di Provinsi Kalimantan Selatan. Foto/Ist
A A A
BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) kembali memanfaatkan dan mengembangkan lahan rawa sebagai alternatif peningkatan produksi padi.

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung swasembada pangan di Indonesia.

"Salah satu program untuk mencapai swasembada pangan dapat dilakukan melalui optimalisasi lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan, tentunya program ini perlu melibatkan dukungan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, penyuluh, dan petani muda" sebut Amran.

Guna memaksimalkan hal diatas Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menyelenggarakan Evaluasi Upaya Khusus (UPSUS) Antisipasi Darurat Pangan di Provinsi Kalimantan Selatan.



Digelar di Kampus SMK-PP Negeri Banjarbaru, Kamis (02/05/2024), kegiatan kali ini mengundang Kepala Badan PPSDMP, Staff Ahli Menteri Pertanian, Kepala Pusat Penyuluhan, Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan Direktur Pupuk dan Pestisida Dirjen Prasarana dan Sarana (PSP), Dinas Pertanian Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, UPT Kementan di Kalimantan Selatan, dan Penanggungjawab UPSUS di Kalsel.

Kegiatan yang di inisisasi oleh Pusat Penyuluhan Pertanian ini bertujuan untuk melihat target dan progress kegiatan UPSUS darurat pangan di tiap kabupaten di Kalimantan Selatan. UPSUS ini sendiri diantaranya terkait optimalisasi lahan rawa, pompanisasi, padi gogo tumpangsari Perkebunan.

Adapun di Kalimantan Selatan sendiri ada 11 Kabupaten/kota yang masuk dalam UPSUS ini diantaranya: Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong, Barito Kuala, dan Kota Banjarmasin.

Di kesempatan forum ini, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menyampaikan bahwa swasembada beras berkelanjutan menjadi komitmen pemerintah, Lahan rawa menjadi solusi bagian penting masa depan pertanian Indonesia.

Oleh karena itu di kesempatan ini Kepala Badan mengajak semua tim Upaya Khusus (UPSUS) Antisipasi Darurat Pangan di Provinsi Kalimantan Selatan untuk bekerja keras mencapai target yang telah disepakati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1538 seconds (0.1#10.140)