Wali Kota Banda Aceh: Semangat Kemerdekaan Harus Tetap Membara

Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:14 WIB
loading...
Wali Kota Banda Aceh: Semangat Kemerdekaan Harus Tetap Membara
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman beserta istri Nurmiaty AR mengikuti upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta secara virtual.
A A A
BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman beserta istri Nurmiaty AR mengikuti upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta secara virtual dari Kantor Gubernur Aceh, Senin 17 Agustus 2020.

Upacara di istana kepresidenan itu juga diikuti oleh seluruh kepala daerah dan Forkopimda se-Indonesia via video conference. Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Wali Kota Banda Aceh berserta istri tampak mengenakan pakaian adat Aceh. Sementara anggota Forkopimda lainnya tampil dengan pakaian dinas instansinya masing-masing.

Tamu undangan lain yang hadir di antaranya Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, dan unsur Forkopimda Aceh, serta unsur Forkopimda Banda Aceh.

Upacara dimulai pukul 09.40 WIB dan dipimpin langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Proses pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Pasukan dan tamu upacara di istana pun dibatasi jumlahnya.

Dari layar besar di Gedung Sebaguna Kantor Gubernur Aceh, terlihat pengibaran Bendera Merah Putih dimulai tepat pukul 10.17 WIB. Seluruh peserta upacara yang mengikuti secara virtual pun turut berdiri dan bersikap sempurna memberi penghormatan saat bendera dikibarkan.

Usai upacara, Aminullah mengajak masyarakat khususnya warga Banda Aceh untuk menjadikan peringatan HUT RI tahun ini sebagai momentum untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19. “Walau digelar berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi yang terpenting semangat kemerdekaan harus tetap membara, terlebih di tengah pandemi seperti saat ini.”

“Dan dengan semangat kemerdekaan kali ini mari kita bangkit melawan corona. Caranya terapkan protokol kesehatan secara ketat: cuci tangan pakai sabun, pakai masker, dan menjaga jarak, serta tidak berkerumun. Insyaallah jika kita semua patuh, angka kasus Covid-19 bisa kita tekan bersama,” katanya.

Sebelum mengikuti upacara bendera yang diselenggarakan di Istana Negara, Wali Kota Aminullah bersama tamu undangan lainnya terlebih dahulu mengikuti upacara secara langsung di halaman Kantor Gubernur Aceh yang dipimpin oleh Plt Gubernur Nova Iriansyah. (jun)
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0821 seconds (0.1#10.140)