alexametrics

Tahanan Kabur, Rutan Tanjung Pinang Minta Bantuan Warga

loading...
Tahanan Kabur, Rutan Tanjung Pinang Minta Bantuan Warga
Kepala Pengamanan Rutan Tanjungpinang Teguh Fajar Wibowo menunjukkan foto dan identitas Amizar. Foto/Muhammad Bunga Ashab
A+ A-
TANJUNG PINANG - Sudah tiga pekan berlalu Amizar (38), tahanan narkotika kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Pinang, Kepri. Hingga kini pihak Rutan masih memburu Amizar dibantu pihak Polres Tanjung Pinang.

Pihak Rutan Tanjung Pinang sekarang membutuhkan bantuan dari masyarakat agar segera menemukan keberadaan Amizar.

"Masih kita upayakan untuk menangkapnya (Amizar), kita terus berkoordinasi dengan kepolisian (Polres Tanjung Pinang)," kata Kepala Pengamanan Rutan Tanjung Pinang Teguh Fajar Wibowo di ruangan kerjanya, Selasa (8/1/2019).



Fajar mengatakan, persembunyian pelaku telah diketahui berada di sekitar hutan Madong, Kelurahan Senggarang, Tanjungpinang Kota. Sebab, sepeda motor Honda Supra Fit bernopol BP 2931 FW yang digunakan pelaku telah ditemukan di semak-semak hutan Madong, Minggu (6/1/2019) lalu. Sepeda motor itu milik keluarga Amizar yang dipinjam pelaku akhir Desember untuk bersembunyi.

"Sepeda motor ini yang digunakan pelaku selama pelariannya, sekarang sudah diamankan di Polsek Tanjung Pinang Kota," kata Fajar.

Dikatakannya, saat ini pihak Rutan dan kepolisian telah mempersempit pencarian pelaku di seputaran hutan Madong. "Kita sudah awasi setiap pintu keluar di Senggarang, Kampung Bugis dan Simpang Korem 033/WP," ujarnya.

Fajar mengimbau kepada masyarakat bagi yang mengenal dan melihat pelaku agar segera melapor dan menginformasikan kepada pihak berwajib. Masyarakat bisa menghubungi nomor telepon 08126444545 bagi yang melihat atau mengetahuinya. Untuk identitas dan foto pelaku telah disebar di mana-mana. Menurut dia, peran masyarakat sangat diharapkan untuk menangkap pelaku.

Untuk menghindari tahahan kabur, kata Fajar, pihaknya telah memperbaiki tempat dari pelarian Amrizal. Kemudian, jam besuk untuk tahanan dirubah telah dirubah Senin, Rabu dan Jumat (pagi), sedangkan narapidana (napi) pada Selasa, Kamis dan Jumat (siang). Selanjutnya, memperkuat pengawasan dan tidak membludak di ruang kunjungan.

Jumlah tahanan dan napi Rutan Tanjung Pinang hingga sekarang mencapai 347 orang, terdiri dari tahanan dan napi korupsi 51 orang, 119 orang tahanan dan napi narkoba, selebihnya tahanan dan napi pidana umum.

Seperti diketahui, Amizar tahanan kasus narkotika di Rutan Tanjung Pinang kabur lewat atap gedung, Sabtu (22/12/2018). Amizar kabur saat pembesuk sedang ramai berkunjung ke dalam Rutan Tanjung Pinang.

Saat itu pula konsentrasi petugas Rutan Tanjung Pinang terbagi akan pembesuk yang datang. Di saat padatnya pengunjung Amizar langsung beraksi. Di mana awalnya Amizar menaiki pagar berduri menuju atap gedung Rutan Tanjung Pinang dan kemudian langsung melompat ke luar.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak