HUT TNI AU Ke-78, Panglima TNI: Harus Adaptif dengan Perkembangan Geopolitik Global

Senin, 22 April 2024 - 10:33 WIB
loading...
HUT TNI AU Ke-78, Panglima TNI: Harus Adaptif dengan Perkembangan Geopolitik Global
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan inspeksi pasukan dalam upacara HUT TNI AU Ke-78 di Lapangan Ksatrian Kompleks AAU Adisutjipto Yogyakarta, Senin (22/4/2024). Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara (AU) Ke-78 dilaksanakan di Lapangan Ksatrian Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Adisutjipto Yogyakarta, Senin (22/4/2024).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bertindak sebagai inspektur upacara HUT TNI AU Ke-78.



Dalam sambutannya, Panglima TNI berpesan pentingnya TNI AU sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis.

Termasuk teknologi yang menyertai demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Mengingat dinamisnya perkembangan global belakangan ini.

"Kondisi geopolitik di Timur Tengah saat ini telah memanas dan di tataran regional Laut Cina Selatan hingga saat ini masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan hingga tuntas," kata Agus Subiyanto.

Seperti diketahui bersama bahwa kondisi geopolitik di Timur Tengah saat ini telah memanas setelah Iran meluncurkan serangan Drone dan rudal ke Israel. Di mana kemudian direspons oleh Israel dengan meluncurkan rudal sebagai serangan balasan terhadap Iran.



Sedangkan pada dataran regional, lanjut Panglima TNI, Laut Cina Selatan hingga saat ini masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan hingga tuntas.

Di mana kepentingan setiap negara atas wilayah Laut Cina Selatan memberikan dampak terhadap keseimbangan politik di kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2569 seconds (0.1#10.140)
pixels