Sumber Mata Air di Pangandaran Ringankan Kebutuhan Air Bersih

Selasa, 11 Desember 2018 - 16:08 WIB
Sumber Mata Air di Pangandaran Ringankan Kebutuhan Air Bersih
Sumber Mata Air di Pangandaran Ringankan Kebutuhan Air Bersih
A A A
PANGANDARAN - Kebutuhan warga menggunakan air bersih di Pangandaran bisa teratasi dengan memanfaatkan sumber mata air yang ada di pegunungan.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di Pangandaran tertangani melalui program pengadaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

Kepala Seksi Pengelolaan Air Minum, Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPRTRKP) Kabupaten Pangandaran mengatakan, program Pamsimas telah berjalan di 23 lokasi. "Pada tahun 2017 program Pamsimas dilaksanakan di 15 Desa sedangkan tahun 2018 dilaksanakan di 18 Desa," kata Nandang.

Nandang menambahkan, untuk tahun 2019 program Pamsimas bakal dilaksanakan di 20 lokasi. "Idealnya program Pamsimas untuk Kabupaten Pangandaran per Desa dilaksanakan di 2 lokasi," tambahnya.

Jika per Desa idealnya dilaksanakan program Pamsimas di 2 lokasi, untuk Kabupaten Pangandaran harus ada 186 lokasi yang dibangun. "Saat ini program Pamsimas yang ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan ideal tinggal 133 lokasi lagi," papar Nandang.

Nandang menjelaskan, pelaksanaan program Pamsimas dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat, sedangkan anggaran untuk satu lokasi Pamsimas Rp245 juta. "Anggaran Pamsimas tersebut bersumber dari APBD dan APBN, APBD menganggarkan 20% sedangkan APBN 80%," jelasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5519 seconds (0.1#10.140)