Seluruh Puskesmas di Pangandaran Terapkan e-Puskesmas Berbasis Online

Selasa, 27 November 2018 - 21:51 WIB
Seluruh Puskesmas di Pangandaran Terapkan e-Puskesmas Berbasis Online
Seluruh Puskesmas di Pangandaran Terapkan e-Puskesmas Berbasis Online
A A A
PANGANDARAN - Untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Daerah Pangandaran memberlakukan e-Puskesmas berbasis online di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Ahmad Marzuki mengatakan, sistem e-Puskesmas merupakan salah satu cara Dinas Kesehatan mempermudah rekap laporan bidang kesehatan.

"Melalui e-Puskesmas akan mempermudah masyarakat melakukan pendaftaran, melihat antrian pasien di Puskesmas dan bisa berkonsultasi kesehatan secara gratis dengan dokter," kata Yani.

Selain itu juga mempermudah laporan penyakit, pendataan obat serta validasi data pasien apakah masuk BPJS atau tidak.

"Validasi data pasien tersebut untuk menghindari double cost pasien, jika pasien memiliki BPJS maka tidak di klaim ke APBD, karena di Kabupaten Pangandaran ada pelayanan kesehatan dasar gratis yang hanya cukup dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja," tambahnya.

Yani menjelaskan, e-Puskesmas bisa memaksimalkan data juga mendorong kegiatan yang akan menghasilkan sumber data akurat serta akuntable.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran Adang Hadari mengatakan, Puskesmas merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Dengan adanya e-Puskesmas berbasis online, akan mempermudah akses pelayanan kesehatan," kata Adang. Masyarakat bisa mendaftar secara langsung menggunakan android atau smart phone saat akan berobat ke Puskesmas.

"Aplikasi e-Puskesmas juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran," tambahnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1486 seconds (0.1#10.140)