3 Teori untuk Jelaskan Ending Siksa Kubur, Film Laris saat Libur Lebaran

Jum'at, 12 April 2024 - 16:56 WIB
loading...
3 Teori untuk Jelaskan Ending Siksa Kubur, Film Laris saat Libur Lebaran
Ending film Siksa Kubur masih menimbulkan pertanyaan, dan akhirnya melahirkan teori-teori untuk menginterpretasikannya. Foto/Come and See Pictures
A A A
JAKARTA - Ending film Siksa Kubur bisa diinterpretasikan dengan beberapa teori, yang semuanya berputar di sekitar Sitta dan Adil.

Seperti bisa diduga, Siksa Kubur jadi film yang banyak diminati penonton saat masa libur Lebaran. Pada hari pertama penayangannya Kamis kemarin (11/4), jumlah penontonnya mencapai 257.871 orang, dikutip dari akun Instagram resmi Come and See Pictures.

Siksa Kubur adalah adaptasi dari film pendek yang juga merupakan karya Joko Anwar, berjudul Grave Torture(2012). Kisahnya tentang seorang anak dari pembunuh berantai yang tidak sengaja masuk ke dalam peti mati ayahnya.



Adapun versi film panjang Siksa Kubur mengisahkan Sitta (Faradina Mufti) dan Adil (Reza Rahadian), kakak beradik yang ingin membuktikan bahwa siksa kubur itu tidak ada.

Peringatan: tulisan di bawah ini mengandung spoiler

Meski endingfilm Siksa Kubur sudah menampilkan scene yang menjelaskan bahwa siksa kubur benar-benar ada, tapi sebenarnya ada beberapa misteri yang ditinggalkan Joko Anwar. Ini membuat penonton bertanya-tanya dan akhirnya memberi interpretasi beragam atas ending yang sebenarnya. Seperti ulasan berikut ini.

3 Teori tentang Ending Film Siksa Kubur

1. Sita Sudah Mati saat di Dalam Kubur

3 Teori untuk Jelaskan Ending Siksa Kubur, Film Laris saat Libur Lebaran

Foto: Come and See Pictures

Teori ini beranggapan bahwa Sita sudah mati saat pertama kali masuk ke dalam kuburan Pak Wahyu. Teori ini banyak diyakini oleh para penonton karena didukung oleh scene yang ada di dalam film tersebut.

Scene yang dimaksud adalah ketika Sita menyelamatkan Ismail yang merupakan hantu gentayangan. Banyak yang meyakini bahwa ini bukanlah perjalanan astral biasa. Namun memang perjalanan yang dilalui Sita karena dirinya sudah mati ketika dalam liang kubur Pak Wahyu.

Teori ini juga didukung oleh para penonton, salah satunya pengguna X dengan user @buahtimunsuri lewat cuitan pada Kamis (11/4).

"Spoiler, gini gak sih, kan di jelasin kalau siksa kubur ngeliatin apa yang paling kita takutin. Pas pertama Sita masuk ke kuburan pak Wahyu, dia disitu mati soalnya Adil yang harusnya ngeluarin Sita, malah digigit ular, makanya di akhir matanya bengkak".

2. Adil Sudah Mati karena Digigit Ular

3 Teori untuk Jelaskan Ending Siksa Kubur, Film Laris saat Libur Lebaran

Foto: Come and See Pictures

Teori kedua yaitu kematian Adil. Teori ini didukung dengan scenesaat Adil dikejar oleh hantu dan bersembunyi di loker. Kemudian secara tiba-tiba hantu tersebut muncul di kanan dan kirinya.

Hal ini dapat menjadi metafora bahwa Adil sudah mati karena terkena dua gigitan ular di bagian leher dan di mata kirinya.

Teori ini juga mendapat tanggapan dari warga X dengan user @ekikenzo lewat cuitan di akunnya."Ending siksa kubur versiku, Sita dan Adil mati, jadi ketika keluar kuburan, mereka bertemu sosok yang menghadang mereka dengan pertanyaan alam kubur".

3. Semua Kejadian Hanyalah Khayalan Sita

3 Teori untuk Jelaskan Ending Siksa Kubur, Film Laris saat Libur Lebaran

Foto: Come and See Pictures

Pada 15 menit akhir menuju ending, dijelaskan bahwa seluruh kejadian yang dialami oleh Sita dan Adil hanyalah sebuah mimpi dari Sita yang berada di dalam kuburan Pak Wahyu semalaman. Hal tersebut membuat banyak spekulasi bahwa kejadian yang menimpa Bu Nanik tidak terjadi dan Bu Nanik masih hidup.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya dialog, "Sudah malam, ayo istirahat besok, kan, kita pelesiran" pada akhir film. Kalimat ini sempat diucapkan oleh suami dari Bu Nanik pada saat pertengahan film.

Hal ini juga memunculkan teori bahwa film Siksa Kubur akan berlanjut ke film kedua alias sekuel. Fokusnya pada permasalahan yang akan dialami oleh keluarga dari Ibu Nanik dan suaminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)