Antisipasi Lonjakan Jemaah Salat Id, Pengurus Masjid Istiqlal Siapkan Sejumlah Titik Parkir

Selasa, 09 April 2024 - 23:21 WIB
loading...
Antisipasi Lonjakan Jemaah Salat Id, Pengurus Masjid Istiqlal Siapkan Sejumlah Titik Parkir
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (tengah) menjelaskan tentang persiapan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal. Foto/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Jakarta menyiapkan sejumlah tempat parkir untuk mengantisipasi lonjakan jemaah Salat Idulfitri 1445 Hijriah/2024, Rabu (10/4/2024). Lapangan Silang Monas hingga Gereja Katedral disiapkan untuk parkir jemaah.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, pihaknya telah memiliki area khusus parkir VVIP dekat Pintu Al Malik. Selain itu, komunikasi dengan pihak pengelola Gereja Katedral juga dilaksanakan untuk meminjam lahan parkir.

"Pengalaman kita juga yang lalu, kita di depan ini ada khusus untuk parkir VVIP. Kemudian khusus untuk tamu-tamu kita dari Kementerian Agama itu parkirnya di tempat parkir Kementerian Agama. Kemudian juga kami sudah berkomunikasi dengan Katedral, kita juga pakai tempat parkirnya," ujar Nasaruddin saat jumpa pers di Masjid Istiqlal, Selasa (9/4/2024).

Kantor yang memiliki tempat parkir di sekitar Masjid Istiqlal juga akan disiapkan. "Ya Pertamina dan lainnya. Bus, kita sudah mengantisipasi di sekitar Monas, jadi nanti antar jemput. Jadi kalau saja diikuti peraturan besok yang ditetapkan oleh pihak kepolisian, Insyaallah diharapkan bisa lancar," jelasnya.



Nasaruddin mengimbau para jemaah agar datang lebih awal sejak ibadah Salat Subuh untuk menghindari penumpukan di waktu bersamaan dan lebih leluasa mencari parkir.

"Maka dari itu, bagusnya kalau tidak datang sekaligus, misalnya jam 6 start dari rumah, itu pasti akan numpuk."


Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar Negara Sahabat, hingga mantan pejabat tinggi negara dijadwalkan menunaikan Salat Id di Masjid Istiqlal.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)