Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi, Letusan 700 Meter di Atas Puncak

Selasa, 09 April 2024 - 09:04 WIB
loading...
Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi, Letusan 700 Meter di Atas Puncak
Gunung api Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT kembali erupsi pada Selasa (9/4/2024) pagi. Foto/Ist
A A A
FLORES TIMUR - Gunung api Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur kembali erupsi pada Selasa (9/4/2024) pukul 08:48 WITA.

Kolom abu vulkanik teramati mencapai ketinggian 700 meter di atas puncak kawah, berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3.7 mm dan durasi 5 menit.

Saat ini, Gunung Lewotobi Laki-laki berstatus Level II (Waspada). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi, serta 3 kilometer pada sektor utara-timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari pemerintah daerah. Jangan mudah percaya dengan isu-isu yang tidak jelas sumbernya.



PVMBG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Bagi masyarakat yang terdampak hujan abu, diimbau untuk memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki masih berlangsung. Warga diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti perkembangan informasi terbaru dari PVMBG.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)