Ribuan Pemudik Asal Sultra Padati Pelabuhan Bangsalae Siwa Wajo

Senin, 08 April 2024 - 07:19 WIB
loading...
Ribuan Pemudik Asal Sultra Padati Pelabuhan Bangsalae Siwa Wajo
Ribuan perantau asal Sultra memilih Pelabuhan Bangsalae Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Wajo, Sulsel untuk mudik ke kampung halamannya. Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
WAJO - Ribuan perantau asal Sulawesi Tenggara (Sultra) memilih Pelabuhan Bangsalae Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk mudik ke kampung halamannya.

Para pemudik memilih pulang ke kampung halaman menggunakan moda transportasi laut di Pelabuhan Bangsalae Siwa karena jarak tempuhnya yang singkat, yakni hanya dibutuhkan waktu 3 jam untuk sampai di Pelabuhan Tobaku, Kabupaten Kolaka Utara, Sultra.



Kepala Bidang Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Muhammad Asri mengungkapkan, ada tiga Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yang ada di Pelabuhan Bangsalae Siwa disiapkan untuk melayani para penumpang sampai ke Tobaku, Sultra.

“Tiga kapal motor yang siap melayani rute Siwa-Tobaku yakni KMP New Rose, KMP Camelia dan KMP Merak,” ujarnya kepada wartawan dikutipSenin (8/4/2024).



Kapal motor itu kata Asri akan silih berganti melayani para penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Tobaku.

“Untuk jadwal keberangkatan dalam sehari itu tiga kali, keberangkatan pertama pukul 09.00, keberangkatan kedua pukul 11.30 dan keberangkatan ketiga pukul 14.00,” ungkapnya.


Berdasarkan rekapitulasi data produksi harian kapal Bulan April tahun 2024, Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Siwa mencatat sebanyak 1.930 pemudik memilih menyeberang melalui Pelabuhan Bangsalae Siwa.

Sedangkan untuk kendaraan roda 2 sebanyak 532 unit sepeda motor, 291 unit kendaraan roda 4 dan untuk truk sebanyak 100 unit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2702 seconds (0.1#10.140)