Ngeri! Harimau Mondar Mandir di Kolong Rumah Warga

Kamis, 15 November 2018 - 13:09 WIB
Ngeri! Harimau Mondar Mandir di Kolong Rumah Warga
Ngeri! Harimau Mondar Mandir di Kolong Rumah Warga
A A A
PEKANBARU - Hingga kini harimau Sumatera yang terjebak di permukiman di Desa Teluk Nibung, Pulau Burung, Indragiri Hilir (Inhil), Riau belum berhasil 'dijinakkan'. Si raja hutan masih mondar mandir di perkampungan.

"Harimau masih bertahan di kolong rumah warga," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono Kamis (15/11/2018).

Kendala yang dihadapi oleh tim untuk mengevakuasi satwa bernama latin panthera tigris sumatera karena lokasi yang cukup jauh. Untuk menuju lokasi, harus ditempuh dengan kendaraan darat dan air.

Jalur darat via Teluk Meranti terputus di Pulau Muda, Kabupaten Pelalawan, sehingga tim rescue BBKDSA memutar untuk berupaya bergerak sore dari Tambilahan. "Siang ini, tim penyelamat harimau Sumatera baru tiba,"ucapnya.

Tim BBKDA juga sudah menyiapakan box trap (kandang dari besi). Dia berharap agar harimau Sumatera segera bisa direlokasi dari permukiman. Kepada warga, petugas diminta menjaga jarak terhadap harimau. Ini diperlukan untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan.

Harimau dewasa itu kemarin menampakan diri di antara ruko warga. Harimau ini diperkirakan yang menyerang empat sapi warga. Kemunculan harimau disebabkan karena hutan sebagai habitat harimau telah dibabat oleh perusahaan kertas untuk menjadi tanaman akasia dan perkebunan kelapa sawit milik sejumlah perusahaan besar di Inhil.

"Harimau tersebut selama ini diperkirakan tinggal di semak belukar yang luasnnya hanya 4 hektar. Lokasinya berdekatan dengan permukiman," imbuhnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4906 seconds (0.1#10.140)