Colomadu Rawan Pintu Masuk Narkoba Lewat Bandara

Senin, 29 Oktober 2018 - 15:24 WIB
Colomadu Rawan Pintu Masuk Narkoba Lewat Bandara
Colomadu Rawan Pintu Masuk Narkoba Lewat Bandara
A A A
KARANGANYAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyebut kawasan Colomadu, Karanganyar sebagai wilayah rawan menjadi pintu masuk peredaran narkoba. Karenanya, masyarakat di wilayah tersebut diingatkan akan potensi bahaya peredaran narkoba yang biasanya melalui jalur darat dan udara.
Hal itu disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia Kemenkominfo RI, Wiryanta saat menghadiri Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Sosialisasi Bahaya Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya) di Lapangan Baturan, Colomadu, Karanganyar, Minggu malam (28/10/2018).

Dia mengatakan dipilihnya Colomadu, Karanganyar sebagai titik sosialisasi, lantaran lokasinya yang dekat dengan Bandar Udara Adi Soemarmo.

Kondisi itu dinilai menghadirkan kerawanan tersendiri mengingat selama ini tren yang ada peredaran narkoba selalu memanfaatkan jalur darat dan udara.

"Colomadu ini di garis depan, dekat dengan Bandara Adi Soemarmo. Dan biasanya narkotika itu peredarannya masuk melalui laut dan udara. Makanya kami mencoba ingatkan saudara-saudara di Karanganyar untuk mewaspadai bahaya Napza, khususnya untuk generasi muda," paparnya kepada wartawan.

Menurut Wiryanta, sosialisasi pencegahan narkoba memang menjadi salah satu isu strategis dan program prioritas yang harus ditangani Kemenkominfo seperti tertuang dalam Instruksi Presiden No: 9/2015. Terlebih, saat ini bahaya peredaran narkoba sudah merasuk berbagai kalangan sampai ke pelosok pedesaan.

Atas kondisi itu, dia menguraikan Kemenkominfo melalui direktoratnya memiliki tanggungjawab menyosialisasikan bahaya Napza ke masyarakat. Salah satunya lewat sosialisasi ke masyarakat seperti di Lapangan Baturan, Colomadu.

Dipilihnya wayang kulit sebagai media sosialisasi, selain pesan yang disampaikan lebih mengena ke masyarakat, hal itu juga sekaligus untuk melestarikan budaya kesenian wayang kulit.

"Dengan wayang kulit ini ada segmennya yang akan masuk berdialog dengan masyarakat lewat pesan-pesan yang diselipkan oleh dalang. Termasuk pesan-pesan pembangunan keberhasilan pemerintah Presiden Joko Widodo," imbuhnya.

Sementara, agenda sosialisasi lewat pentas wayang kulit dengan dalang Ki Warseno Slank itu dihadiri seribuan pengunjung. Mereka bahkan sudah memadati lapangan Baturan sejak sore hari.

Di sisi lain, Sekretaris Diskominfo Karanganyar Agus Cahyo Nugroho, mewakili Bupati Karanganyar, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Kemenkominfo yang menggelar sosialisasi Napza di Colomadu, Karanganyar.

Menurutnya, selama ini Pemkab Karanganyar juga sudah proaktif dan terus menggencarkan sosialisasi untuk menekan penyalahgunaan narkoba di Bumi Intanpari.

"Kami juga bisa menangkap pengedar sabu dan tembakau gorilla," ujarnya. Selain dari Kemekominfo, acara malam itu juga dihadiri pejabat BNN Jateng, perwakilan Kemenpora dan beberapa pejabat lokal.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5153 seconds (0.1#10.140)