Keracunan Takjil, 15 Anak di Gunungkidul Dilarikan ke RS Panti Rahayu

Rabu, 03 April 2024 - 11:28 WIB
loading...
Keracunan Takjil, 15 Anak di Gunungkidul Dilarikan ke RS Panti Rahayu
Belasan anak di Padukuhan Klumpit, Kelurahan Kenteng, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul. Foto/Polsek Ponjong
A A A
GUNUNGKIDUL - Belasan warga Padukuhan Klumpit, Kelurahan Kenteng, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Mereka merasakan pusing, mual dan muntah serta diare diduga mengalami keracunan takjil yang dibagikan di masjid setempat.

Kasi Pelayanan Kelurahan Kenteng Sugiyarno mengatakan, ada 15 warga dilarikan ke Rumah Sakit Panti Rahayu, Kelor, Karangmojo. Mereka mengalami gejala keracunan akibat menyantap makanan takjil puasa di masjid setempat.

“Itu sebagian besar anak-anak, ada satu bapak-bapak karena makanan takjilnya dibawa pulang,” kata Sugiyarno, Rabu (3/4/2024).



Dia menyebut menjelang berbuka puasa, pihak takmir masjid membagikan makanan takjil kepada anak-anak TPA masjid tersebut. Makanan takjil tersebut dibuat oleh salah satu warga setempat. Makanan yang disajikan adalah nasi dengan lauk oseng tempe, oseng mie dan ayam goreng.

Awalnya tidak ada yang merasakan aneh dalam makanan yang mereka konsumsi. Namun pukul 20.30 WIB, anak-anak TPA sudah mulai merasakan gejala pusing, mual, muntah dan juga diare. Jumlahnya kian waktu kian bertambah.



Di rumah sakit mereka langsung mendapatkan penanganan dan hanya satu yang harus mendapatkan infus. Kondisi mereka sebagian besar masih bisa ditangani dengan cepat di mana mereka sudah diperkenankan pulang.

Kapolsek Ponjong Kompol Yulianto menyebutkan, keracunan yang mengakibatkan belasan warga tersebut diduga berasal dari nasi bungkus dengan lauk oseng tempe, mie dan ayam sebanyak 25 bungkus dan dibagikan 21 bungkus sesuai jamaah yang hadir.

“Warga yang mengeluh sakit perut dilarikan ke Puskesmas Ponjong I dan RS Panti Rahayu Karangmojo untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)