Razia Jelang Mudik Lebaran, Petugas Temukan Bus dengan Kaca Depan Retak dan Ban Vulkanisir

Selasa, 02 April 2024 - 11:19 WIB
loading...
Razia Jelang Mudik Lebaran, Petugas Temukan Bus dengan Kaca Depan Retak dan Ban Vulkanisir
Petugas gabungan dari Dishub dan Polres Pringsewu menemukan bus yang tidak memenuhi standar keselamatan, seperti kaca depan retak dan ban vulkanisir. Foto/Ist
A A A
PRINGSEWU - Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pringsewu menggelar razia kendaraan dalam rangka pengecekan angkutan lebaran arus mudik 2024 di Terminal Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, pada Selasa (2/4/2024).

Razia ini menemukan beberapa bus yang tidak memenuhi standar keselamatan, seperti kaca depan retak dan ban vulkanisir.

Kapolres Pringsewu, AKBP Beny Prasetya, menghimbau pengusaha angkutan umum untuk lebih memperhatikan kondisi kendaraan mereka. "Pengecekan kendaraan ini untuk kebaikan bersama, terutama menjelang arus mudik Lebaran 2024, di mana keselamatan penumpang menjadi prioritas," tegas AKBP Beny.

Penumpang diimbau untuk memilih angkutan umum yang telah memenuhi prosedur keselamatan, yang dapat dikenali melalui stiker khusus dari Dinas Perhubungan yang terpasang pada kendaraan.



Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pringsewu Bambang Suharmanu menambahkan, pengecekan kendaraan tidak hanya fokus pada kaca depan dan ban, tetapi juga mencakup pemeriksaan rem, lampu sein, dan wiper, yang semuanya vital untuk keselamatan berkendara.

Pemerintah Kabupaten Pringsewu berkomitmen untuk memastikan seluruh kendaraan yang melintas dan beroperasi di wilayahnya, terutama selama arus mudik Lebaran 2024, memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan.

"Razia ini merupakan bagian dari upaya pemerintah kabupaten dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan jasa angkutan umum," kata Bambang.

Diharapkan dengan adanya razia ini, dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab para pengusaha angkutan umum untuk terus memelihara kondisi kendaraan mereka.

"Sehingga perjalanan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)