Jelang Idulfitri, Penumpang Mulai Banjiri Bandara YIA

Selasa, 02 April 2024 - 11:03 WIB
loading...
Jelang Idulfitri, Penumpang Mulai Banjiri Bandara YIA
Jumlah penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) mulai meningkat menjelang Idulfitri. Foto/Kuntadi
A A A
YOGYAKARTA - Jumlah penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) mulai meningkat menjelang Idulfitri. Sebagian besar mereka adalah pekerja migran Indonesia (PMI).

“Sudah ada peningkatan. Jika per hari hanya 15-20 penumpang sekarang sudah 60 orang," kata Ketua Help Desk Balai Pelayanan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bandara YIA , Puspo Sulaksono, Selasa (2/4/2024).

Peningkatan terjadi karena banyak pekerja yang sudah libur. Waktu libur Idulfitri antara dua pekan hingga sebulan, sehingga mereka bisa pulang lebih awal.



“Mereka kebanyakan dari Malaysia dan Singapura. Tetapi ada juga dari Hong Kong atau Korea,” kata Puspo Sulaksono.

BP3MI akan melakukan pemeriksaan dokumen dari setiap pekerja migran Indonesia, meliputi paspor dan alamat. Jika butuh menghubungi keluarga juga ada layanan wifi yang bisa diakses hingga ruang istirahat.

"Mayoritas perempuan dan kebanyakan pulang ke Jawa Tengah bagian selatan," Katanya.

Penerbangan internasional di Bandara YIA tujuan Malaysia dan Singapura dilayani maskapai Air Asia dan Scoot. “Penerbangan Internasional baru dua ke Kuala Lumpur dan Singapura," kata Humas Bandara YIA Ike Yustiane.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)