Petualangan Hidup Mengesankan di Desa Kartun Sidareja

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:48 WIB
loading...
A A A
Sedangkan di sore hingga malam hari disajikan beragam workshop seperti menari, seni lukis, wayang kartun, calung, geguritan, hingga karawitan.

Program pun dapat dibuat unik seperti program yang dibuatkan untuk para pemuda pramuka adalah berpetualangan ke rumah kartun dengan konsep mencari salah satu rumah warga tanpa petunjuk. Mereka hanya akan menerima secarik surat yang bertuliskan salah satu nama warga.

Adapun modal yang mereka harus pakai adalah dengan berkomunikasi dengan warga sekitar. Hal ini untuk menekankan bagaimana mereka mengolah kemampuan komunikasi dengan orang yang baru mereka kenal, kemudian tugas berikutnya mereka harus membuat sebuah liputan mengenai edukasi mural kartun yang ada di rumah tersebut.

Setelah 3 tahun berjalan, harapan dengan diluncurkannya program #liveinthevillage di Cartoon Village Sidareja ini dapat memberikan dampak perekonomian bagi warga sekitar. Di mana, di tahun 2023 masih termasuk dalam zona miskin ekstrim.

Diharapkan ada perputaran ekonomi yang baik di layanan warung kuliner ataupun juga penginapan sederhana rumah penduduk.

‘’Hingga saat ini, rintisan desa kartun ini masih menggunakan dana mandiri yang juga didukung oleh kekompakan masyarakat sekitar,’’ tandas Gita Yohanna.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3243 seconds (0.1#10.140)