Pemkab Semarang Minta Balon Kepala Desa Siap Menang Siap Kalah

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:30 WIB
Pemkab Semarang Minta Balon Kepala Desa Siap Menang Siap Kalah
Pemkab Semarang Minta Balon Kepala Desa Siap Menang Siap Kalah
A A A
SEMARANG - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah Prayitno Sudaryanto mengimbau kepada semua warga yang hendak mendaftar sebagai bakal calon kepala desa untuk mempersiapkan semua persyaratan administrasi sebelum pendaftaran dibuka.

Selain itu, dia juga meminta kepada bakal calon kepala desa untuk siap menang dan siap kalah dalam pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar pada Desember 2018 nanti.

"Sebaiknya semua persyaratan dilengkapi sebelum pendaftaran dibuka pada 25 Oktober 2018. Jadi saat mendaftar nanti semua persyaratan sudah lengkap. Dan kami juga meminta kepada semua bakal calon kades, nantinya tidak hanya siap menang, tapi juga harus bisa legowo (menerima) jika kalah," katanya, Senin (22/10/2018).

Dia mengatakan, Dispermades telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan pesta demokrasi demokrasi tingkat desa tersebut. Potensi kerawanan telah diantisipasi, meski demikian Dispermades tetap mewaspadai semua potensi konflik yang ada di semua desa yang menggelar pemilihan kepala desa.

"Kami terus berkoordinasi dengan desk pilkades untuk mengantisipasi semua potensi kerawanan. Ini kami lakukan agar pilkades serentak 2018 yang diikuti sebanyak 140 desa bisa berlangsung dengan aman dan lancar," ujarnya.

Di samping itu, kata Prayitno, semua panitia dan pengawas juga telah mengikuti bimbingan teknis pilkades sehingga mereka sudah memahami regulasi dan mekanisme pelaksanaan pilkades.

"Panitia di tingkat desa sudah siap menggelar pilkades sesuai tahapan. Kami berharap, dalam pelaksanaan nanti tidak ada masalah dan bisa berjalan dengan baik dan lancar," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5340 seconds (0.1#10.140)