Kebakaran Gunung Merbabu Mengarah ke Permukiman Warga

Rabu, 17 Oktober 2018 - 01:34 WIB
Kebakaran Gunung Merbabu Mengarah ke Permukiman Warga
Kebakaran Gunung Merbabu Mengarah ke Permukiman Warga
A A A
SEMARANG - Api yang membakar lahan hutan di kawasan Gunung Merbabu kian membesar meski telah dilakukan upaya pemadaman. Kobaran api yang berada di atas Basecamp Thekelan-Wekas Pakis kini mengarah ke permukiman warga.

"Kebakaran berada di antara Pos 2 sampai Pos 4. Api sudah turun mengarah ke Dusun Nglelo dan Getasan," kata Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto kepada wartawan, Selasa 16 Oktober 2018.

Puluhan personel gabungan dari TNI, Polri, instansi terkait, maupun relawan terus berupaya menjinakkan api. Namun, proses pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual dengan dahan kayu atau parang untuk melokalisasi api.

"Jadi pemadaman hanya bisa dilakukan cara manual. Agar api tidak merambat cepat ke lokasi lain. Jadi hanya pakai sabit untuk memotong ranting biar tidak tersulut api," tambah Kasubag Humas Polres Semaranf, AKP Teguh Susilo Hadi.

Dia juga mengatakan, polisi telah menambah puluhan personel ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan api. Petugas gabungan harus menempuh perjalanan berat dari Thekelan sekira lima kilometer untuk mencapai lokasi. Selain itu, mereka juga harus sangat berhati-hati ketika melakukan pemadaman agar tak terperosok ke jurang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6572 seconds (0.1#10.140)