Lestarikan Budaya, MNC Group Hadir di Festival Benoyo Salatiga

Senin, 15 Oktober 2018 - 01:05 WIB
Lestarikan Budaya, MNC Group Hadir di Festival Benoyo Salatiga
Lestarikan Budaya, MNC Group Hadir di Festival Benoyo Salatiga
A A A
SALATIGA - Ragam budaya dan tradisi di Tanah Air menjadi kekayaan yang patut dilestarikan agar tidak punah. Apalagi gempuran budaya Barat kian menggeser budaya bangsa hingga mulai ditinggalkan generasi muda.

Untuk itulah MNC Group hadir dalam sebuah acara budaya yakni Festival Benoyo di Salatiga, Jawa Tengah, pada Sabtu 13 Oktober malam. Beragam kegiatan digelar, mulai arak-arakan gunungan buah-buahan hingga pameran hasil bumi warga setempat.

“Ini acara tradisi dan mereka (warga) mengatakan akan dilakukan terus-menerus. Sangat menarik, tadi ada ogoh-ogoh, ada (gunungan) buah-buahan. Itu sangat menarik melihat budaya kita dari zaman dulu,” ujar Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution yang hadir di lokasi.

Dia mengatakan, MNC Group berkomitmen menjaga tradisi bangsa agar tidak punah. Dengan beragam media di bawah naungan MNC akan selalu menampilkan beragam kearifan lokal dari seluruh penjuru Nusantara.

“Harapannya budaya seperti ini perlu dilestarikan terus-menerus supaya anak anak cucu kita tahu dulunya seperti apa, sehingga story (cerita) sejarah, khususnya di Benoyo Salatiga ini dapat lestari,” tukasnya.

Masyarakat setempat juga terlihat antusias mengikuti seluruh prosesi acara. Mereka tak hanya memadati lokasi acara, tetapi juga di sepanjang rute arak-arakan gunungan. Pucaknya adalah saat ratusan warga berkumpul untuk memperebutkan gunungan buah-buahan setelah diarak.

“Kegiatan ini juga ada kulinernya yakni seluruh makanan tradisional di sini dijajakan. Kemudian ada kerajinan yang dibuat masyarakat sini, ada juga tradisi kirab keliling kampung dan berakhir di sini. Lalu gunungan buah-buahan yang diperebutkan oleh masyarakat,” pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3619 seconds (0.1#10.140)