Sambut Mudik Lebaran 2024, KAI Intensifkan Perawatan Jalur KA Daop 8

Kamis, 21 Maret 2024 - 11:20 WIB
loading...
Sambut Mudik Lebaran 2024, KAI Intensifkan Perawatan Jalur KA Daop 8
PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan perawatan jalur Kereta Api (KA) untuk menjamin keselamatan perjalanan KA. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Menyambut momen angkutan lebaran tahun 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya melakukan perawatan jalur Kereta Api (KA) untuk menjamin keselamatan perjalanan KA.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan, KAI Daop 8 Surabaya senantiasa melakukan perawatan dan pengecekan kondisi rel kereta api secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

“Perawatan jalur rel kereta api dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai dengan standar pengoperasian jalan rel berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan,” kata Luqman, Kamis (21/3/2024).



Luqman menjelaskan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kab/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, KAI memiliki 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan, yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, 4 UPT Jembatan, dan 1 UPT Mekanik, yang keseluruhannya telah memiliki wilayah kerja masing-masing di Daop 8 Surabaya.



UPT Jalan Rel dan Jembatan tersebut, akan memastikan dan melakukan perawatan. Yakni melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast.

Disamping itu, para petugas akan meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

"Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api, serta memastikan bahwa jalur tersebut aman saat dilintasi KA," ungkap Luqman.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)