Kisah Haru Warga Pedalaman Ende Tandu Pasien 7 Km demi Perawatan Medis

Rabu, 13 Maret 2024 - 08:26 WIB
loading...
Kisah Haru Warga Pedalaman Ende Tandu Pasien 7 Km demi Perawatan Medis
Warga desa Detuhi, Ende, NTT memikul seorang pasien sejauh 7 kilometer karena akses jalan yang buruk. Foto/Joni Nura/iNewsTV
A A A
ENDE - Sebuah kisah haru datang dari Kampung Detuhi, Ende , Nusa Tenggara Timur (NTT). Warga desa terpaksa memikul seorang pasien sejauh 7 kilometer karena akses jalan yang buruk.

Katarina Sare, seorang nenek berusia lanjut, mengalami sakit serius. Cucu Katarina, Emanuel Bata Dede, menceritakan perjuangan mereka untuk mengantarkan sang nenek ke puskesmas.

"Akses menuju Puskesmas Peibenga sangat jauh, sekitar 20 kilometer. Saya tidak tega melihat nenek yang sudah sekarat, sehingga saya meminta bantuan warga untuk membantu memikul nenek menuju ke jalan utama sejauh 7 Km untuk bisa menggunakan kendaraan," kata Emanuel.

Sekitar 40 orang warga secara sukarela dan bergantian menandu Katarina melewati jalan tanjakan yang terjal. Perjalanan memakan waktu tiga jam.



Sesampainya di pertigaan Desa Rutu Jeja, Katarina dibawa menggunakan truk menuju Puskesmas Peibenga. Karena kondisinya yang parah, Katarina dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Emanuel dan keluarganya kini menunggui Katarina di rumah sakit. Ia berharap pemerintah daerah dapat meningkatkan akses jalan di desanya.

"Kami hanya minta kepada pemerintah supaya meningkatkan akses jalan ke kampung kami. Minimal dibuat rabat supaya mobil bisa masuk kalau musim hujan seperti ini," kata Emanuel.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3506 seconds (0.1#10.140)