Keunikan Masjid Al-Munawwarah di Kota Takengon, Terletak di Tepi Sungai yang Bersumber dari Danau Laut Tawar

Senin, 11 Maret 2024 - 18:27 WIB
loading...
Keunikan Masjid Al-Munawwarah di Kota Takengon, Terletak di Tepi Sungai yang Bersumber dari Danau Laut Tawar
Masjid Al-Munawarah di Kota Takengon, Aceh Tengah, memiliki keunikan tersendiri, berada di tepi Sungai Peusangan. Foto/Yusradi
A A A
ACEH TENGAH - Masjid Al-Munawarah di Kota Takengon, Aceh Tengah , memiliki keunikan tersendiri, berada di tepi Sungai Peusangan. Air yang mengalir di Sungai Peusangan berasal dari Danau Laut Tawar.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah bagi masyarakat setempat, Masjid Al-Munawarah juga menjadi magnet bagi wisatawan. Masjid yang berlokasi di Kampung Uning ini menawarkan pesona keindahan alam yang asri.

Air sungai yang bersih dan jernih dimanfaatkan jamaah untuk berwudhu sebelum salat di Masjid Al-Munawarah. Sungai Peusangan ini juga jadi sumber air bagi warga sekitar untuk kebutuhan rumah tangga dan pertanian.



Meskipun telah disediakan tempat khusus berwudhu, sungai ini tetap menjadi tempat yang nyaman dan untuk berwudhu langsung. Lokasi yang strategis di tepi Sungai Peusangan yang bersih dan jernih menambah daya tarik Masjid Al-Munawarah.

Imam Masjid Al-Munawarah, H Amiruddin Syah mengatakan, bukan hanya warga sekitar yang aktif beribadah, tetapi juga wisatawan dari luar daerah ramai berkunjung, terutama di akhir pekan.

“Masjid ini selain menjadi salah satu tempat ibadah tertua di Aceh Tengah, juga menjadi daya tarik wisata karena berada di tepi aliran sungai yang bersih,” katanya, Minggu (11/3/2024).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)