Pantau Hilal 1 Ramadan 1445 H, Kemenag Aceh Siapkan 5 Teropong

Minggu, 10 Maret 2024 - 13:46 WIB
loading...
Pantau Hilal 1 Ramadan 1445 H, Kemenag Aceh Siapkan 5 Teropong
Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia Provinsi Aceh menyiapkan lima teropong untuk memantau hilal. Foto/Syukri Syarifuddin
A A A
ACEH BESAR - Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia Provinsi Aceh menyiapkan lima teropong untuk memantau hilal.

Pemantauan hilal untuk memastikan penentuan tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriah dipusatkan di Gedung Observatorium Tengku Chik Kuta Karang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Tim Falakiyah Kemenag Aceh menyediakan sebanyak lima teropong untuk melihat hilal dan melibatkan sejumlah pihak, seperti BMKG Aceh, Majelis Ulama Indonesia, dan para ahli astronomi.



Pemantauan hilal dilakukan di enam titik pemantauan di seluruh Aceh pada Minggu (10/3/2024) mulai pukul 18.00 WIB atau sekitar 45 menit sebelum matahari terbenam.

Keenam titik tersebut, yaitu Gedung Observatorium Tengku Chik Kuta Karang Aceh Besar, Tugu Nol Kilometer Indonesia Kota Sabang, Bukit Blang Tiron Perta Arun Gas Lhokseumawe, Pantai Lhok Geulumpang Aceh Jaya, Pob Suak Gedebang Aceh Barat, dan Pantai Nancala Kabupaten Simeulu.

Setelah dilakukan pemantauan hilal di Aceh, semua hasil yang dilihat oleh tim nantinya akan dikirim langsung ke Jakarta guna penentuan 1 Ramadan 1445 H yang akan diumumkan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qaumas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4501 seconds (0.1#10.140)