Puncak Perayaan Hari Raya Nyepi, Candi Prambanan Tutup Sehari

Selasa, 05 Maret 2024 - 14:46 WIB
loading...
Puncak Perayaan Hari Raya Nyepi, Candi Prambanan Tutup Sehari
Ketua PHDI Pusat, Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menuturkan bahwa rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi sudah dimulai di Candi Prambanan. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
SLEMAN - Puncak perayaan Hari Raya Nyepi 1946 Saka bakal dilaksanakan di Lapangan Wisnu Kompleks Candi Prambanan, Sleman, DIY. Perhimpunan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bakal melaksanakan Tawur Agung di Candi Prambanan pada 11 Maret 2024 mendatang.

Ketua PHDI Pusat, Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menuturkan, rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi sudah dimulai dengan kegiatan membersihkan alam lingkungan sekitar baik pantai ataupun lokasi lain.



Selain itu juga menyelenggarakan penanaman pohon mangrove dan bhakti sosial ke sejumlah pihak yang membutuhkan.

Selanjutnya ada upacara adat Kulon nuwun sering disebut sebagai Melasti. Di mana kegiatan Melasti tersebut dilaksanakan di berbagai tempat mulai dari Pantai Parangtritis hingga ke tempat-tempat peribadatan agama Hindu di seluruh Nusantara.

"Di manapun menyelenggarakan upacara Melasti. Melasti ini tujuannya adalah mengambil Tirta Amerta untuk membersihkan dunia Agung dan dunia Alit. Dan dunia alit Ini adalah diri manusia," kata Wisnu Bawa Tenaya di kompleks Candi Prambanan, Selasa (5/3/2024).

Karena bersamaan dengan Hari Raya Kuningan Sabtu, maka hari Sabtu (9/3/2024) pagi adalah upacara Kuningan. Kemudian sore harinya bakal ada atur piuning atau selamatan agar proses hari raya Nyepi dapat berjalan dengan lancar.



Puncaknya adalah tawur Agung ke Sanga yang diselenggarakan tanggal 10 Maret 2024 di Candi Prambanan. Diperkirakan akan ada 15.000 umat Hindu yang akan melaksanakan peribadatan tawur ageng ke Sanga di Lapangan Wisnu kompleks Candi Prambanan.

"Tanggal 11 Maret itu hari Raya Nyepinya," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)