Tol Salatiga-Kartasura Diresmikan Akhir 2018

Rabu, 29 Agustus 2018 - 15:30 WIB
Tol Salatiga-Kartasura Diresmikan Akhir 2018
Tol Salatiga-Kartasura Diresmikan Akhir 2018
A A A
SEMARANG - Pengerjaan proyek jalan tol Semarang-Solo pada ruas Salatiga-Kartasura hingga kini terus dikebut. Diperkirakan pembangunan rangkaian tol Trans Jawa itu akan selesai pada akhir Oktober atau awal November ini. Diharapkan ruas tol ini sudah bisa diresmikan pada akhir 2018.

Namun demikian, masih terdapat beberapa hambatan dalam penyelesaian proyek tersebut. Salah satunya menyangkut persoalan penggantian Tanah Kas Desa (TKD).

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Syarifuddin menyatakan akan mengupayakan penyelesaian TKD tersebut. Pihaknya meminta agar kontraktor proyek tol tetap fokus pada pengerjaan. "Yang terpenting, proyek tol (ruas Salatiga-Kartasura) ini harus tetap jalan terus. Urusan tanah, biar tugas kami," kata Syarifuddin, Rabu (29/8/2018).

Sementara itu, Eddy Priyono Broto, pimpinan proyek tol Semarang-Solo menyebutkan masih terdapat tiga desa yang meminta penggantian TKD berupa lahan, bukan uang. Masing-masing Desa Kenteng, Kemetul, dan Timpik. Namun, menurutnya, hal itu tak terlalu mengganggu proses pembangunan, karena pihaknya menggunakan sistem sewa, sebelum mendapat ganti lahan.

"Persoalan saat ini terkait progres pengerjaan jembatan Kenteng sepanjang 493 meter itu menjadi satu-satunya dari total 12 unit jembatan pada ruas tol Salatiga-Kartasura, masih dalam tahap pembangunan," kata Eddy.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)