Kena Jerat Pemburu, Gajah Sumatera Ditemukan Terluka

Senin, 27 Agustus 2018 - 14:30 WIB
Kena Jerat Pemburu, Gajah Sumatera Ditemukan Terluka
Kena Jerat Pemburu, Gajah Sumatera Ditemukan Terluka
A A A
PEKANBARU - Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan dalam kondisi terluka di konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) milik PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) di RAPP di Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau. Tim gabungan saat ini berupaya menyelamatkan hewan bertubuh bongsor itu.

"Gajah yang terluka itu terpisah dari kelompoknya," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Riau, Dian Indriati, Senin (27/8/2018).

Penemuan satwa dilindungi ini bermula saat tim gabungan terdiri TNI, Polri, dan BBKSDA Riau mendapat informasi dari pihak perusahaan pulp dan kertas bahwa ada seekor gajah tergeletak sekitar 300 meter dari jalan.

Petugas langsung mendatangi lokasi. Tim gabungan berhasil menemukan gajah tersebut. Saat diamati ternyata gajah tersebut sudah sulit berjalan karena mengalami luka pada bagian kaki karena terkena jerat pemburu.

Setelah dilakukan observasi, petugas langsung melakukan pembiusan. Tim gabungan yang juga membawa dokter hewan dan pawang langsung melakukan tindakkan medis terhadap gajah remaja itu.

"Tim medis kemudian memberian infus, pelepasan jerat, pengobatan luka, pemberian obat antiperadangan, antibiotik sekaligus pemberian vitamin serta obat cacing," tuturnya.

Setelah itu, tim menunggu hingga gajah yang berusia 4 tahun ini sadar. Setelah hewan bergading sadar, tim bergerak menjauh. Hewan tersebut diharapkan bisa bertemu lagi dengan kelompoknya yang berjumlah sekitar 15 ekor. "Pasca pengobatan, tim tetap dilakukan pemantauan terhadap gajah Sumatera tersebut," kata Dian.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5983 seconds (0.1#10.140)