Website Pemkot Solo Diretas, Pelaku Sampaikan Kata Tak Senonoh

Selasa, 14 April 2020 - 19:11 WIB
loading...
Website Pemkot Solo Diretas, Pelaku Sampaikan Kata Tak Senonoh
Website milik Pemkot Surakarta yang sempat diretas, Selasa (14/4/2020). Foto/Ist
A A A
SOLO - Ulah hacker menimpa website milik Pemkot Surakarta (Solo) www.surakarta.go.id yang sempat diretas, Selasa (14/4/2020) sore. Halaman depan web sempat muncul tulisan hacked by kue kering clan beserta simbolnya. Pelaku juga menyampaikan salam dengan menggunakan kata tak senonoh clan lain.

Hacker beraksi di website resmi Pemkot Solo sekitar pukul 16.47 WIB. Namun sekitar pukul 16.58 website sudah kembali dipulihkan. “Saya tadi pas membuka protokol keamanan untuk upload data, ternyata sudah ada yang mengintai,” kata Kasi Infrastruktur Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian, Taufan Redina. Pihaknya segera memulihkan website melalui data recovery. (Baca juga: Waspada Ancaman Siber Menyamar di Balik Zoom Cs)

Ketika akan upload data, diibaratkan seperti membuka pintu masuk. Dalam proses upload yang hanya membutuhkan waktu sepersekian detik, ternyata sudah ada yang mengintai. Pihaknya belum sempat mengidentifikasi pelaku peretasan. Sementara, pembobolan website sudah tiga kali terjadi.

Dalam website www.surakarta.go.id terdapat sejumlah informasi kepada publik. Di antaranya adalah terkait Covid-19, pengaduan masyarakat, layanan pendidikan, layanan kesehatan, layanan perizinan, lowongan pekerjaan, dan informasi DPRD Kota Surakarta.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)