alexametrics

Perkuat Pertahanan di Natuna, Pangdam Bukit Barisan Resmikan Batalion Komposit

loading...
Perkuat Pertahanan di Natuna, Pangdam Bukit Barisan Resmikan Batalion Komposit
Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo saat meresmikan Batalion Komposit 1/Gardapati di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Foto/Dok Penrem 033/WP
A+ A-
NATUNA - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Ibnu Triwidodo meresmikan Batalion Komposit 1/Gardapati di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Senin (6/8/2018). Pangdam juga melantik Letkol Inf Ahmad Daud Harahap sebagai Komandan Batalion Komposit 1/Gardapati.

"Batalion Komposit 1/Gardapati adalah pengalihan komando pengendalian (alih Kodal) Kompi C dan D Yonif Raider Khusus 136/TS di Kabupaten Natuna," kata Ibnu dalam keterangan tertulisnya.

Keberadaan Komposit 1/Gardapati ini merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat mendesak dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat. Meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional.

Kodam I/Bukit Barisan menyiapkan penggelaran satuan TNI AD dengan kekuatan yang sudah ada, yakni 1 Kodim 0318/Natuna, 1 Yonif Raider Khusus 136/ Tuah Sakti, dan Batalion Komposit 1/Gardapati. "Dengan penambahan gelar kekuatan tersebut diharapkan memiliki efek tangkal terhadap kemungkinan timbulnya ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Pangdam I Bukit Barisan menaruh harapan besar kepada komandan bersama seluruh prajurit Batalion Komposit 1/Gardapati dapat mengemban amanah Pimpinan TNI AD, dalam Menjaga Kedaulatan Dan Keutuhan NKRI, khususnya di Natuna. Pangdam berpesan keberadaan Batalion Komposit 1/Gardapati hendaknya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di Kabupaten Natuna.

"Saya harapkan seluruh prajurit Batalion Komposit 1/Gardapati senantiasa menjaga disiplin dan tata tertib di mana pun berada serta beradaptasi dengan selalu menjaga adat istiadat dan kearifan lokal yang berlaku di masyarakat Natuna. Menjaga soliditas dan sinergitas TNI-POLRI Bersama Aparat Pemerintah beserta seluruh komponen masyarakat Natuna, demi terjaminnya situasi yang kondusif di wilayah Natuna," tuturnya.

Di sela-sela acara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo menyerahkan bantuan dari Kepala Staf Angkatan Darat Dana Tanggap Satuan sebesar Rp100.000.000. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah I/Bukit barisan Ny Ibnu Triwidodo juga membentukan tingkat kepengurusan Persit Kartika Chandra Kirana cabang XIX Yon Komposit 1 PD I/Bukit Barisan.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak