Puting Beliung Bakal Terjadi hingga Akhir Februari, Ini yang Harus Dilakukan

Jum'at, 23 Februari 2024 - 20:33 WIB
loading...
Puting Beliung Bakal Terjadi hingga Akhir Februari, Ini yang Harus Dilakukan
Peristiwa bencana alam berupa angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (21/2/2024) lalu. Foto/Tangkapan Layar
A A A
BANDUNG - Peristiwa bencana alam berupa angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu (21/2/2024) lalu.

Fenomena angin puting beliung ini pada umumnya dapat lebih sering terjadi pada periode peralihan musim dan dan tidak menutup kemungkinan terjadi juga di periode musim hujan.



Deputi Bidang Meteorologi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Guswanto menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir ini, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem untuk wilayah Jawa Barat.

"Bahwa potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Sumedang dan Bandung," kata Guswanto dalam keterangannya dikutip Jumat (23/2/2024).



Guswanto mengatakan, informasi tersebut diperkuat juga dengan dikeluarkannya berita peringatan dini cuaca ekstrem untuk periode 1-6 jaman pada 21 Februari 2024 mulai pukul 11.30 WIB hingga pukul 16.40 WIB sebanyak 4 kali pada hari terjadinya fenomena cuaca ekstrem puting beliung di Sumedang dan Bandung.

"Informasi peringatan dini cuaca ekstrem tersebut didiseminasikan secara masif di tingkat stakeholder hingga masyarakat yang disajikan dalam platform aplikasi infoBMKG," ungkapnya.



Terkait potensi cuaca, kata Guswanto, BMKG memonitor bahwa terdapat beberapa fenomena atmosfer yang terpantau masih cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan yang disertai kilat atau angin kencang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)