Raih Paritrana Award, Pemkot Cimahi Tingkatkan Jaminan Sosial Pekerja

loading...
Raih Paritrana Award, Pemkot Cimahi Tingkatkan Jaminan Sosial Pekerja
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengikuti zoom meeting dalam pemberian penghargaan Paritrana Award Tahun 2019 dari Kemenko PMK bersama BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek). Foto/Dok.Humas Cimahi
CIMAHI - Pemkot Cimahi mendapatkan juara 1 Paritrana Award Tahun 2019 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek). Kompetisi ini diikuti oleh peserta dari 34 provinsi, 95 kabupaten/kota, 88 perusahaan besar, 99 perusahaan menengah, dan sebanyak 34 UKM.

"Raihan prestasi ini tidak terlepas dari penerapan yang dilakukan oleh Kota Cimahi yaitu Perda Nomor 8 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kota Cimahi," kata Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Kamis (13/8/2020). (Baca: Kota Cimahi Raih Anugerah Paritrana Award Tahun 2019)

Ajay menilai, prestasi ini merupakan tantangan bagi Pemkot Cimahi untuk mempertahankannya tahun depan. Pihaknya selalu mendorong pekerja di Cimahi untuk menjadi peserta BP Jamsostek. Serta memproyeksikan menambah kepesertaan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai guru PAUD, kader PKK, kader Posyandu, KPM dan guru honorer, total sebanyak 21.516 pekerja. "Proyeksi itu, untuk pembiayaannya dianggarkan di APBD Kota Cimahi," ucapnya.

Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto mengungkapkan, dalam penilaian Paritrana Award tahun ini, BP Jamsostek menambahkan beberapa kriteria dan menyesuaikan bobot penilaian. Tujuannya agar penjurian dapat dilakukan dengan lebih tepat dan akurat. Proses penilaian telah dimulai semenjak Januari 2020, melalui beberapa tahap. Mulai dari seleksi di tingkat provinsi, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi dan validasi di tingkat pusat, dan diakhiri dengan wawancara oleh tim juri.



Sementara Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Cimahi, Aang Supono mengatakan, dengan terpilihnya Kota Cimahi sebagai juara 1 Paritrana Award 2019 diharapkan masyarakat pekerja di Cimahi semakin terlindungi. Termasuk bisa merasakan manfaat dari berbagai program BP Jamsostek. Pemkot Cimahi juga harus terpacu untuk bisa lebih baik lagi dan mempertahankannya. (Baca: Wali Kota Cimahi Raih Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha)

“Selamat buat Pemkot Cimahi dan tim yang terlibat. Semoga ini memacu untuk terus mendukung pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Cimahi, dan perlindugan sosial bagi seluruh pekerja dapat terwujud," kata Aang.

Pemberian penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award 2019 dilakukan secara daring. Penilaian oleh tim juri untuk kategori pemerintahan mencakup aspek kebijakan, peraturan, kinerja, dan wawancara. Meski dilakukan daring Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah turut hadir.
(don)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top