NTT Alami Hari Tanpa Bayangan Sepekan ke Depan, Simak Penjelasan BMKG

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:42 WIB
loading...
NTT Alami Hari Tanpa Bayangan Sepekan ke Depan, Simak Penjelasan BMKG
Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami hari tanpa bayangan selama beberapa hari. Keadaan itu berlangsung mulai hari ini, Rabu (21/2/2024), hingga sepekan ke depan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
KUPANG - Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami hari tanpa bayangan selama beberapa hari pada akhir Februari 2024. Keadaan itu berlangsung mulai hari ini, Rabu (21/2/2024), hingga sepekan ke depan.

Fenomena tanpa bayangan adalah keadaan ketika matahari tepat berada pada posisi paling tinggi di langit. Saat itu, posisi Matahari di langit sama dengan posisi lintang pengamat di Bumi.

Fenomena ini disebut pula sebagai Kulminasi Utama, berlangsung pada waktu tengah hari di lokasi tertentu. Di mana posisi Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.



Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang, karena persis bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari Kulminasi Utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, beberapa titik wilayah di NTT bakal jadi yang paling awal mengalami fenomena ini untuk periode pertama 2024.

Hari tanpa bayangan, dijelaskan oleh BMKG, terjadi karena bidang ekuator atau bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi Bumi.

Posisi Matahari dari Bumi memang akan terus berubah sepanjang tahun, antara 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS. Hal tersebut dikenal sebagai gerak semu harian Matahari.



BMKG mengatakan, tahun ini posisi Matahari akan tepat berada di khatulistiwa pada 20 Maret pukul 10.06 WIB (11.06 WITA) dan 22 September 2024 pukul 19.43 WIB (20.43 WITA).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)