Viral Penggelembungan Suara Prabowo-Gibran yang Fantastis, KPPS Klarifikasi Kronologisnya

Jum'at, 16 Februari 2024 - 15:52 WIB
loading...
Viral Penggelembungan Suara Prabowo-Gibran yang Fantastis, KPPS Klarifikasi Kronologisnya
Nining Setyaningsing, Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS 02 Kenteng, menunjukkan bukti rekapitulasi suara yang sebenarnya. Foto/Rustaman Nusantara
A A A
GROBOGAN - Dugaan penggelembungan suara yang fantastis untuk pasangan calon presiden 02 Prabowo-Gibran terjadi di sebuah tempat pemungutan suara di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Petugas tempat pemungutan suara telah mengklarifikasi fakta sebenarnya dari video yang viral di media sosial itu.

Berdasarkan data aplikasi Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlihat jumlah suara di tempat pemungutan suara (TPS) 02, Desa Kenteng, Kecamatan Toroh, Grobogan , Jawa Tengah, suara yang diperoleh pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran mencapai 561.100.

Sementara untuk pasangan calon presiden 01 Anis-Muhaimin mendapat 8 suara dan pasangan calon presiden 03 Ganjar-Mahfud mendapatkan suara sebanyak 69. Data ini sempat diunggah di media sosial hingga viral.



Seluruh petugas TPS 02 Kenteng, Toroh, Grobogan, Jawa Tengah, kemudian melakukan klarifikasi yang menyatakan data jumlah suara yang dikirim ke KPU melalui aplikasi Sirekap sudah sesuai dan tidak pernah direkayasa untuk penggelembungan suara paslon 02.

Nining Setyaningsing, Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS 02 Kenteng, mengaku sempat mengalami kendala saat memasukkan data hasil rekap melalui aplikasi Sirekap hingga beberapa kali gagal.

Nining mengaku baru mengetahui adanya penggelembungan data setelah ramai di berita. PPS Desa Kenteng, Toroh, Kabupaten Grobogan, telah melaporkan adanya penggelembungan suara ini ke panitia pemilihan kecamatan untuk direvisi.

Namun petugas mengaku tidak bisa melakukan revisi karena aplikasi sudah dikunci oleh KPU pusat. Nining menjelaskan, jumlah surat suara yang diterima sebanyak 260 surat suara.



Jumlah surat suara yang digunakan untuk mencoblos adalah 191. Jumlah surat suara rusak 1 surat dan 9 surat suara yang tidak dipakai atau dikembalikan.

Jumlah perolehan suara untuk masing-masing paslon yang sudah masuk rekap di antaranya untuk pasangan calon 01 Anies-Muhaimin adalah 8 suara, pasangan calon 02 Prabowo-Gibran memperoleh 110 suara, dan pasangan calon 03 Ganjar-Mahfud mendapat 69 suara.

Dalam rekap data KPU yang sudah masuk menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul hingga 96%. Angka ini menunjukkan terjadi penggelembungan suara yang fantastis dan tidak masuk akal.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)