KPU Lebak Temukan 644 Surat Suara Ungu di Detik-detik Pencoblosan

Selasa, 13 Februari 2024 - 16:51 WIB
loading...
KPU Lebak Temukan 644 Surat Suara Ungu di Detik-detik Pencoblosan
KPU Kabupaten Lebak memusnahkan ratusan surat suara rusak di Alun-alun Rangkasbitung. Foto/Istimewa
A A A
LEBAK - Satu hari menjelang hari pemungutan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak memusnahkan ratusan surat suara rusak. Pemusnahan surat suara disaksikan Bawaslu, pemerintah daerah, kepolisian dan kejaksaan di Alun-alun Rangkasbitung.

”Surat suara yang dimusnahkan adalah surat suara yang rusak dan lebih. Jadi surat suara rusak seperti warnanya tidak jelas sehingga masuk dalam kategori tidak bisa kita gunakan,” kata Ketua KPU Lebak Dewi Hartini,Selasa (13/2/2024).



Ada 644 lembar surat suara yang dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam tong. Ratusan lembar itu terdiri dari surat suara calon presiden dan wakil presiden 2 lembar, surat suara calon anggota DPR RI 129 lembar.

Kemudian surat suara calon anggota DPD 458 lembar, surat suara calon anggota DPRD provinai 40 lembar. Lalu surat suara calon anggota DPRD kabupaten Dapil I 3 lembar, Dapil II 2 lembar, Dapil III 4 lembar, Dapil IV 1 lembar, Dapil 5 3 lembar, dan Dapil 6 1 lembar.



”Sebanyak 458 lembar surat suara calon anggota DPD yang sudah terkonfirmasi ke Bawaslu bahwa ini adalah surat suara lebih. Surat suara Pemilu DPR 129, itu dikategorinya rusak, lalu ada juga yang tintanya kurang jelas. Misalnya merah berubah menjadi ungu gitu,” tambahnya.

Terkait dengan kesiapan pungut hitung suara besok, Dewi menyebut, logistik sudah terdistribusi ke hampir seluruh TPS. ”Dari 3.995 TPS, sudah 85 persen didistribusikan. Semoga nanti malam sudah semua terdistribusi,” harapnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5290 seconds (0.1#10.140)