ASN Pemkab Cianjur Terjaring OTT Politik Uang Serangan Fajar Pemilu 2024

Selasa, 13 Februari 2024 - 16:36 WIB
loading...
ASN Pemkab Cianjur Terjaring OTT Politik Uang Serangan Fajar Pemilu 2024
ASN Pemkab Cianjut terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Foto/Ilustrasi
A A A
CIANJUR - Seorang aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Cianjur terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) saat sedang menyiapkan uang untuk dibagikan kepada masyarakat agar memilih salah satu caleg.

Saat ini, ASN tersebut diperiksa Bawaslu Cianjur terkait dugaan politik uang atau money politics jelang pencoblosan.

”Bawaslu Kabupaten Cianjur melaporkan ke Bawaslu Jawa Barat. Ada peristiwa OTT berkaitan dengan money politics di wilayah Cianjur,” kata Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jabar Syaiful Bahri, Selasa (13/2/2024).



Syaiful Bahri menyatakan, ASN tersebut diperiksa Bawaslu Cianjur. Selanjutnya, selama dua hari ke depan akan dilakukan kajian dan klarifikasi ke semua pihak yang diduga terlibat dan mengetahui.

”Diduga pelaku infonya ASN di Pemkab Cianjur. Informasi lebih detail masih butuh konfirmasi ulang ke Cianjur. Namun yang dilaporkan demikian,” ujar Syaiful Bahri.



Syaiful Bahri menuturkan, ASN tersebut diduga tengah menyiapkan uang untuk dibagikan kepada masyarakat agar memenangkan salah satu caleg. Barang bukti yang diamankan, sejumlah amplop berisi uang masing-masing pecahan Rp30.000.

”Saya dengar ada Rp30.000 isinya per amplop dan ada beberapa amplop (yang diamankan). Ditemukan uang atau dugaan money politics,” tutur dia.

Syaiful Bahri mengatakan, Bawaslu Jabar mendalami modus dan rencana pembagian amplop tersebut. Pelaku tidak ditahan namun segera diklarifikasi selama 14 hari. Sedangkan proses hingga putusan pengadilan 40 hari.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)