alexametrics

Tak Memenuhi Syarat, 7 Calon Taruna Akpol Dipulangkan

loading...
Tak Memenuhi Syarat, 7 Calon Taruna Akpol Dipulangkan
Sebanyak tujuh calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dipulangkan karena tidak memenuhi syarat pada pemeriksaan kesehatan. iNewsTV/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - Sebanyak tujuh calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dipulangkan karena tidak memenuhi syarat pada pemeriksaan kesehatan. Untuk mengembalikan semangat akibat tak lolos seleksi, panitia rekrutmen menyediakan tim psikologi dan konseling.

"Kami sampaikan bahwa dari 376 catar (calon taruna) dari seleksi pengecekan administrasi seluruhnya memenuhi syarat, artinya tidak ada hambatan.  Kemudian untuk pemeriksaan kesehatan ada tujuh orang, terdiri lima calon taruna dan dua calon taruni yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dari sisi kesehatan," kata Karo Dalpers SSDM Mabes Polri, Brigjen Pol Sudarsono, Selasa (10/7/2018).

Menurut dia, pemulangan tahap pertama ini bagi catar yang tidak lolos seleksi pemeriksaan administrasi dan kesehatan. Pemeriksaan dilakukan pada 4-9 Juli dengan melibatkan petugas medis berpengalaman baik dari Polri maupun Universitas Diponegoro (Undip) dan RSUP dr Kariadi Semarang.

"Pemulangan pertama berkaitan dengan kegiatan rikmin maupun rikes, pemeriksaan administrasi dan kesehatan yang dilaksanakan pada 4-9 Juli, sehingga pada hari ini 10 Juli, kita tetapkan siapa-siapa yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat," terang jenderal bintang satu tersebut.

Dia juga menyampaikan, terdapat empat tahap pemulangan catar. Tahapan berikutnya adalah seleksi psikologi, kesamaptaan, dan terakhir performance atau penampilan. Dari jumlah semula 376 catar, akan disaring menjadi 250 yang terdiri dari 220 calon taruna dan 30 calon taruni.

"Ada empat tahapan pemulangan. Ini baru tahap pertama terkait masalah administrasi dan kesehatan, nanti akan diikuti tahapan berikutnya psikologi, kesamaptaan, dan sampai pada pemeriksaan penamoilan. Taruna yang kita pilih sejumlah 250, untuk taruna 220 dan taruni 30. Mereka akan melalui tahapan-tahapan yang sudah kita siapkan," pungkasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak