Aksi Mahasiswa Gejayan Memanggil Kembali, Ribuan Mahasiswa Yogyakarta Turun ke Jalan

Senin, 12 Februari 2024 - 17:02 WIB
loading...
Aksi Mahasiswa Gejayan Memanggil Kembali, Ribuan Mahasiswa Yogyakarta Turun ke Jalan
Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta turun ke jalan dan mulai memadati pertigaan Gejayan, Sleman mengikuti aksi Gejayan Memanggil Kembali. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta turun ke jalan dan mulai memadati pertigaan Gejayan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mereka datang dari sisi barat dan utara pertigaan Gejayan. Membawa berbagai spanduk dan postur kritik dari mahasiswa kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Ribuan mahasiswa awalnya berkumpul di Bundaran UGM dan depan Kampus Universitas Sanata Dharma. Selepas sholat ashar, mereka kemudian melakukan long march menuju ke pertigaan Gejayan mereka bakal menggelar aksi demonstrasi dalam tajuk 'Gejayan Memanggil'.



Sesampai di pertigaan Gejayan, sebagian dari mereka naik ke atas papan baliho setinggi 15 meter. Mereka kemudian membentangkan poster kain berukuran besar dari atas papan baliho tersebut. Teriakan demi teriakan menghujat pemerintahan Jokowi terlontar dari para mahasiswa.

Ratusan polisi dan berbagai unsur keamanan nampak berjaga di seputaran Gejayan sejak pagi. Mereka sibuk mengatur arus lalu lintas supaya lancar baik ketika mahasiawa dan juga guru besar serta aktivis lainnya melakukan longmarch.

Ketika massa mulai memadati kawasan pertigaan Gejayan, aparat kepolisian langsung melakukan penutupan arus lalu lintas dari segala penjuru. Mahasiswa yang berdemonstrasi duduk dan mendengarkan orasi rekan-rekan mereka.


Silih berganti mahasiswa melakukan orasi di pertigaan Gejayan. Tak hanya mahasiswa, para guru besar juga nampak melakukam orasi silih berganti.

Selain mengkritik pemerintah mereka juga mengomemtsti sikap pemerintah Kecamatan Depok Sleman yanh menyiagakan Jaga Warga.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)