Banjir Sumedang Tewaskan Lansia, 2 TPS Dipindahkan

Senin, 12 Februari 2024 - 11:25 WIB
loading...
Banjir Sumedang Tewaskan Lansia, 2 TPS Dipindahkan
Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang lansia yang sempat terjebak banjir di Dusun Leuwiawi, Desa Cipelang, dan Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang. Foto/Beben HVA/iNewsTV
A A A
SUMEDANG - Banjir melanda Dusun Leuwiawi, Desa Cipelang, dan Desa Ujungjaya, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang , Jawa Barat, pada Minggu (11/2/2024). Bencana ini mengakibatkan seorang lansia meninggal dunia setelah sempat terjebak banjir.

Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono menyampaikan bahwa korban lansia tersebut sempat dievakuasi dan mendapatkan perawatan. Namun, karena usianya yang sudah lanjut, korban tidak dapat diselamatkan dan meninggal dunia di rumah sakit.

"Ada warga 60 tahunan sudah dievakuasi dan diberikan perawatan. Karena sudah sepuh beliau meninggal di rumah sakit," kata AKBP Joko Dwi Harsono.

Banjir di Sumedang ini diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang menyebabkan tanggul Sungai Cipelang jebol. BPBD Jabar dan BPBD Kabupaten Sumedang telah melakukan assessment lokasi banjir dan melakukan evakuasi warga yang terdampak.



Banjir juga merendam 220 unit rumah dengan 220 KK atau 700 jiwa terdampak di Desa Cipelang.

Lebih lanjut, AKBP Joko Dwi Harsono memastikan bahwa saat ini kondisi banjir telah mulai surut. Namun, dua lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang terendam banjir terpaksa dipindahkan ke lokasi lain, yaitu di bangunan sekolah dasar di wilayah tersebut.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, meminta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumedang untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana alam.

"Antisipasi cuaca ekstrem," kata Bey.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3109 seconds (0.1#10.140)