Eksotisme dan Pesona Bumi Cendrawasih

Jum'at, 06 Juli 2018 - 12:33 WIB
Eksotisme dan Pesona Bumi Cendrawasih
Eksotisme dan Pesona Bumi Cendrawasih
A A A
PAPUA - Provinsi paling ujung di timur Indonesia, Papua, menjelma bak kepingan surga yang jatuh di bumi. Pesona dan keindahan Bumi Cendrawasih itu tidak perlu diragukan lagi.

Begitu banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Papua. Mulai dari keindahan alam, flora fauna, makanan hingga budaya dan tradisinya yang unik. Papua memiliki potensi pari wisata menakjubkan yang tak kalah dari daerah lain di Indo nesia. Tidak hanya Raja Ampat, banyak spot menan tang yang tak kalah menarik di sana. Kota Jayapura salah satunya. Kota yang berjarak sekitar 25 km dari Bandara Sentani itu dapat ditempuh dengan kendaraan kurang dari satu jam. MNC Travel bersama MNC Media bereksplorasi atas sejumlah destinasi wisata di Sentani.

Selain mengunjungi beberapa spot, tim juga mencicipi hidangan khas di provinsi berjulukan Mutiara dari Timur tersebut. Salah satunya papeda ikan kuah kuning di sebuah rumah makan di Jayapura. Pencinta kuliner Nusantara tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dipadu dengan bumbu kuah kuning dari campuran bawang merah, bawang putih, cabai besar, lengkuas, kunyit, jahe, dan batang sereh. Adapun untuk ikan yang menjadi lauk pada kuah kuning bisa tongkol, tenggiri, cakalang atau kakap. Setelah puas menikmati hidangan khas Papua itu, tim mulai bergerak ke sejumlah spot wisata. Berikut ini objek wisata di Jayapura yang bisa dijadikan rekomendasi jika berkunjung ke Papua.

Jayapurawood

Perlu waktu sekitar 30 menit berkendara dengan mobil dari pusat kota Jayapura menuju Bukit Polimak. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati kontur jalan yang menanjak dan berkelok. Anda tidak akan dikenai retribusi di tempat ini. Bukit Polimak merupakan tempat terbaik untuk melihat panorama Kota Jayapura dan Samudera Pasifik dari atas ketinggian. Warga sekitar juga menjuluki tempat ini sebagai Jayapurawood karena terdapat huruf-huruf berukuran besar bertuliskan Jayapura City. Jika dilihat dari bawah, apalagi pada malam hari, tulisan ini akan menyala oleh lampu dan menyerupai Hollywood Sign di Los Angeles.

Wisata Romantis di Danau Cinta

Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena berbentuk hati. Masyarakat menyebutnya sebagai Danau Love. Destinasi ini berada di Kampung Puai, Distrik Yokini, Kabupaten Jayapura. Perjalanan menuju ke tempat yang romantis ini dapat ditempuh selama satu setengah jam lebih dari Kota Jayapura. Sepanjang perjalanan, mata dimanjakan dengan hamparan padang rumput dan bebukitan. “Danau Love merupakan potensi wisata yang luar biasa. Karya Tuhan untuk bumi Papua. Oleh karena itu muda-mudi yang ingin melangsungkan pernikahan sebaiknya datang ke sini terlebih dahulu,” ujar wisatawan lokal Rudi Gedi saat berbincang dengan MNC Media.

Pesona Danau Sentani

Pemandangan cantik dengan air gliter menjadikan Danau Sentani sebagai destinasi wisata yang sering dikunjungi wisa tawan saat ke Jayapura. Nama Sentani dapat diartikan sebagai “di sini kami tinggal dengan damai”. Danau terluas di Papua ini memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada pada ke tinggian 75 mdpl. Danau ini juga memiliki 21 buah pulau kecil yang indah. Untuk menambah daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, pemerintah daerah setempat juga menggelar acara rutin setiap tahunnya, yaitu Festival Danau Sentani. Festival ini pertama kali diselenggarakan pada 19 Juni 2008.

Corporate Sales Supervisor MNC Travel Renny Eka Putri berharap, kedatangan MNC Travel bersama MNC Media ke Jayapura dapat memper kenalkan lebih dalam lagi budaya, kuliner khas serta tradisi adat masyarakat Papua ke wisata wan lokal maupun mancanegara. Dia menambahkan, Indonesia merupakansalahsatunegara yang memiliki banyak keindahan alam. Dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam Indonesia juga tidak kalah dari negara-negara luar seperti Eropa atau negara-negara lain.

Salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa adalah Papua. “Kami ingin wisatawan, baik lokal maupun internasional, untuk berkunjung ke Kota Jayapura,” tandasnya.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7742 seconds (0.1#10.140)