Ratusan Pedagang Sayur di Kota Jayapura Jalani Rapid Test Corona

Kamis, 30 April 2020 - 21:10 WIB
loading...
Ratusan Pedagang Sayur di Kota Jayapura Jalani Rapid Test Corona
Ratusan pedagang sayur keliling di Kota Jayapura menjalani rapid test Covid-19 oleh tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Jayapura, Kamis (30/4/2020) pagi. iNews TV/Edy
A A A
JAYAPUA - Ratusan pedagang sayur keliling di Kota Jayapura menjalani rapid test Covid-19 oleh tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Jayapura, Kamis (30/4/2020) pagi.

Pemeriksaan yang digelar di lapangan apel Kantor Wali Kota Jayapura ini menindaklanjuti surat pemberitahuan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura atas petunjuk Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, menyikapi bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kota Jayapura.

Antrean para pedagang telah mulai ada sejak pukul 07.30 WIT dan pada pukul 09.00 WIT, mulai dilakukan pemeriksaan oleh 4 tim medis dari dua tenda yang disiapkan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura Robert L.N. Awi mengatakan, Pemkot Jayapura mengundang dan menyerukan pedagang sayur keliling di Kota Jayapura untuk melakukan rapid test. "Tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi warga kota Jayapura yang menggunakan jasa mereka. Kami juga ingin pastikan mereka bersih dari virus ini," katanya.

Selain itu, kata Robert Awi pedagang sayur keliling merupakan kelompok yang potensial untuk menyebarkan virus tersebut. "Makanya kami ambil langkah untuk memutus rantai penyebaran virus lewat pedagang keliling," jelasnya lagi.

Disampaikan juga, pedagang sayur keliling yang terdata di Disperindag Kota Jayapura sebanyak 400 pedagang. Mereka berkeliling di empat distrik Kota Jayapura. "Tapi ini akhir-akhir ini jumlah mereka bertambah, tentu kami akan lakukan tes," katanya lagi.

Ia juga mengimbau agar pedagang sayur yang mengikuti tes tetap menjaga jarak aman juga mengikuti instruksi Pemkot Jayapura.

"Atas nama pemerintah Kota Jayapura kami sampaikan terimakasih dan bagi yang belum hadir kami harapkan segera datang dan lakukan tes karena langkah tegas akan kami lakukan setelah ini. Yang tidak mengikuti tes akan kami sweeping di lapangan," tegas Kadis Perindagkop Kota.

Taufiqurrahman Pengurus Komunitas Warga Jember Korwil Jayapura yang juga koordinator pendataan pedagang sayur di Kota Jayapura mengaku jika para pedagang datang setelah mendapat selebaran untuk pemeriksaan Covid melalui rapid test di Kantor Walikota Jayapura kemarin pagi. "Kami harapkan rapid test ini bisa memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kota Jayapura khususnya di kalangan pedagang sayur keliling," ucapnya.

Pihaknya berkomitmen untuk mendukung langkah pemerintah dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. "Intinya kami pedagang sayur siap mengikuti tes dan siap mengikuti anjuran pemerintah. Dan kalau begini enak semua, kami berjualan juga tenang, dan pembeli juga tenang. Kami apresiasi langkah pemerintah Kota Jayapura, bapak Walikota Jayapura dan seluruh jajaran atas test pada hari ini,"pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)