Dinas Koperasi dan UMKM Bantu UMKM Terdampak Covid-19

Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:37 WIB
loading...
Dinas Koperasi dan UMKM Bantu UMKM Terdampak Covid-19
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota
A A A
SENTANI - Ribuan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) di Kabupaten Jayapura terkena dampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota mengatakan dampak yang paling terasa dari para pelaku usaha UMKM ini terjadinya kehilangan pasar sejak awal terjadinya pandemi Covid-19 itu. "Seluruh UMKM kita khususnya yang kecil menengah ini terkena dampak akibat pandemi Covid-19 ini," ungkap Parson Horota di Sentani.

Sehubungan dengan masalah tersebut, pihaknya sudah melakukan upaya untuk berkoordinasi dengan asosiasi pedagang kaki lima dan terhadap kelompok-kelompok usaha lainnya yang terdampak dari pandemi Covid-19. "Salah satu yang kami lakukan dengan membuat data dan coba kami lakukan koordinasi baik dengan provinsi maupun ke Kementerian Koperasi dan UMKM," katanya.

Selanjutnya pihaknya telah mendapat dukungan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM kepada pelaku usaha UMKM. Saat ini sedang mengumpulkan data untuk dikirim ke Provinsi Papua dan akan dilanjutkan ke tingkat nasional dalam rangka untuk mendapatkan bantuan UMKM itu.

Jumlah keseluruhan pelaku usaha UMKM Kabupaten Jayapura sebanyak 4580 unit. Dari jumlah tersebut lebih dari 1000 an UMKM yang dikelola langsung oleh orang asli Papua. "Dari 1000 lebih itu, khusus yang lokal lokal itu yang selama ini kami tangani. Jadi yang produk lokal itu ada yang bawa kesini dan kami bayar untuk kami tampung dan pasarkan melalui galeri kenambai umbai," ujarnya.

Selain itu dalam rangka pemberdayaan terhadap usaha milik orang asli Papua, khusus di tahun ini bertepatan dengan adanya pandemi Covid-19 ini UMKM juga memproduksi masker oleh OAP yang punya keterampilan menjahit. "Jadi kami tidak meninggalkan teman-teman kami OAP, yang punya skil di situ untuk menjahit, kita berikan dukungan," paparnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)