Razia Gabungan Temukan Produk Bermasalah di Toko Modern

Rabu, 06 Juni 2018 - 00:35 WIB
Razia Gabungan Temukan Produk Bermasalah di Toko Modern
Razia Gabungan Temukan Produk Bermasalah di Toko Modern
A A A
GRESIK - Peringatan bagi masyarakat Gresik yang suka berbelanja di toko-toko modern. Razia yang dilakukan Tim Gabungan menemukan produk makanan dan minuman (mamin) bermasalah.

Razia dilakukan tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Diskoperindag UKM dan PKL, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) dan Satpol PP Gresik. Razia jelang Lebaran 2018 itu dilakukan secara merata di beberapa pertokoan modern.

Awalnya, razia dalam inspeksi mendadak itu dilakukan di pertokoan modern di kawasan Pasar Gresik, namun tidak menemukan produk bersamasalah. Tim menuju pertokoan di Jalan Dr Soetomo dilanjut ke Jalan RA Kartini.

Saat tiba di UD Sarikat Jaya, Jalan RA Kartini, tim dibuat kaget. Sebab, saat dilakukan inspeksi ke produk mamin yang dijual di rak, ternyata ditemukan produk bermasalah. Ada produk yang kemasannya rusak, izin edarnya juga sudah kadaluarsa tetapi masih beredar.

“Kami juga menemukan keamanan pangan atau Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) ada yang kadaluarsa. Salah satunya minuman sinom. Tanggal kadaluarsa sudah 12 April 2018 lalu, namun masih diperjualbelikan,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Gresik, Rumiyati, Selasa (5/6/2018) malam.

Bahkan, lanjut Rumiyati, ada produk yang nomor PIRT yang lama dengan baru sangat berbeda. Jika yang lama mencapai 12 digit, sedangkan yang baru ini 15 digit. Dan, ini sangat membahayakan pembeli yang tidak sampai meneliti produk yang akan dibelinya.

Tampaknya temuan itu membalakkan tim, terbukti tidak hanya memeriksa mamin yang tertata di rak. Tim juga membuka mamin yang dikemas dalam parsel lebaran. Sebab, tidak baik bagi kesehatan jika mengkonsumsi mamin yang sudah kadaluarsa.

“Kami mohon kepada pemilik untuk menarik produk yang bermasalah. Bila lain waktu, kami menemukan ada mamin yang bersamalah akan kami tindak,” ancam Rumiyati.

Sedangkan, Manajer Store Sarikat Wijaya Lie Hong Siong yang ikut menemui Tim Gabungan mengatakan, pihaknya akan langsung menghubungi supplier. Memastikan PIRT sesuai dengan tahun ini.

“Produk yang lama ditarik hingga PIRT baru turun. Kami juga sudah upayakan terbaik. Mulai dari kualitas produk hingga izin,” tukasnya tanpa ada penyesalan.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0197 seconds (0.1#10.140)