Selamat, 228 Pasien Covid-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh

Rabu, 12 Agustus 2020 - 10:41 WIB
loading...
Selamat, 228 Pasien Covid-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh
Selamat, 228 Pasien Covid-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh
A A A
SENTANI - Sejak Pandemi Covid-19 ini menyebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Jayapura tercatat secara akumulatif jumlah warga yang terpapar Covid-19 mencapai 277 pasien. Pasien-pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Yowari dan rumah sakit lain di Jayapura.

"Jika ada pasien positif Covid-19 tanpa gejala, kami arahkan untuk isolasi mandiri di rumah," kata juru Bicara Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie kepada wartawan di Sentani, Sabtu (8/8/2020).

Dari jumlah itu, sebanyak 228 pasien sudah dinyatakan sembuh atau 82 persen dari jumlah kasus positif. Sementara yang masih dirawat sebanyak 46 pasien atau 17 persen jumlah kasus.

Khairul menyatakan sejak awal, pemerintah daerah Kabupaten Jayapura melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 telah memperketat aktifitas masyarakat. Sehingga jumlah temuan kasus baru di kabupaten Jayapura tidak terlalu signifikan.

Ia menambahkan pemerintah daerah Kabupaten Jayapura juga melakukan penyekatan dan pemberlakukan karantina wilayah tertentu di pasar lama selama 14 hari. Hasilnya memuaskan, temuan kasus baru Covid-19 bisa dikendalikan.

"Sejak awal kita menerapkan karantina wilayah, kemudian melakukan penyemprotan disinfektan diwilayah wilayah yang terpapar covid 19. Gugus tugas juga melakukan tracing kontak erat terhadap warga yang melakukan kontak dengan pasien terpapar Covid-19. Dari situ, kita lebih dulu mengetahui, melakukan penanganan yang tepat sehingga, yang sudah menunjukan gejala kita lakukan rapid tes dan swab, sehingga bisa dideteksi lebih awal," terangnya.

Sampai saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang terbanyak masih berada di wilayah Distrik Sentani Kota, Waibhu, Sentani Timur. Daerah tersebut masih masuk dalam zona merah karena jumlah pasien yang masih signifikan.

Khairul juga menyatakan untuk daerah lainnya yang pernah ditemukan kasus dan masuk zona merah, kini berhasil ditekan. Dengan dilakukanya upaya pencegahan hingga di tingkat kampung, jumlah temuan kasus baru berhasil ditekan. Di satu sisi jumlah pasien sembuh juga meningkat.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0747 seconds (0.1#10.140)