Erupsi Gunung Marapi Terus Berlanjut, Status Siaga Diperpanjang Sebulan

Kamis, 25 Januari 2024 - 22:56 WIB
loading...
Erupsi Gunung Marapi Terus Berlanjut, Status Siaga Diperpanjang Sebulan
Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali erupsi, Kamis (25/1/2024) siang. Foto/Wahyu Sikumbang
A A A
AGAM - Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali erupsi , Kamis (25/1/2024) siang. Pemerintah Kabupaten Agam memperpanjang status siaga darurat erupsi Gunung Marapi satu bulan hingga 25 Februari 2024.

Pos Pengamat Gunung Marapi di Bukittinggi mencatat sepanjang hari ini terjadi 48 kali hembusan, terbanyak dalam sehari selama Januari 2024. Kawah di puncak gunung terus mengeluarkan asap abu tipis hingga tebal.

Asap vulkanik yang tertiup angin mengakibatkan hujan abu melanda Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam hingga ke Bukittinggi. Sebulan lebih erupsi Gunung Marapi, sejak 3 Desember 2023, sangat berdampak pada warga di lereng gunung yang kesehariannya berladang.



Aktivitas erupsi Gunung Marapi yang semakin tinggi membuat Pemerintah Kabupaten Agam memperpanjang status Siaga Darurat selama satu bulan ke depan, mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2024.

“Kesimpulan yang disampaikan PVMBG terjadi peningkatan. Siaga darurat bencana erupsi Gunung Marapi diperpanjang satu bulan,” kata Bambang Warsito, Kalaksa BPBD Kabupaten Agam.

Selama masa Siaga Darurat, tim gabungan siaga di tiga posko yang didirikan Kodim Agam dan BPBD Agam. Petugas siaga setiap hari, menjaga agar tidak ada warga yang beraktivitas dalam zona bahaya erupsi Gunung Marapi.



Petugas juga membagikan masker kepada warga yang beraktivitas di bawah paparan abu vulkanik. Warga berharap erupsi Gunung Marapi segera berakhir dan pemerintah melalui dinas pertanian dapat memberikan solusi atas kerugian gagal panen yang dialami warga.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4100 seconds (0.1#10.140)