Pemkab Karangasem Bali Raih Penghargaan MURI

Jum'at, 18 Mei 2018 - 22:56 WIB
Pemkab Karangasem Bali Raih Penghargaan MURI
Pemkab Karangasem Bali Raih Penghargaan MURI
A A A
KARANGASEM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, Bali, kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Karangasem menjadi desa pertama yang menerapkan pelayanan kependudukan dengan aplikasi online jaringan tanpa internet yang disebut Smart Desa terletak di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, Bali.

Penyerahan Penghargaan Rekor MURI diserahkan langsung Senior Manager MURI, Jusuf Ngadri kepada Bupati Karangasem Bali I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Perbekel Desa Duda Timur, I Gede Pawana, serta dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha, anggota Forkopimda dan anggota DPR Komisi X Suparta Rudana, serta jajaran OPD Pemkab Karangasem di Objek Wisata Putung, Kabupaten Karangasem, Bali.

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut, “Puji Syukur atas keberhasilan yang telah kami capai ini. Saat ini di era transformasi digital sangat memberikan peluang untuk kita dalam menyampaikan atau transaksi informasi yang bisa dilakukan secara singkat dari suatu wilayah ke wilayah lainnya di dunia,” ujar Mas Sumatri dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Jumat (18/5/2018).

Program pelayanan kependudukan dengan aplikasi online tanpa internet atau Smart Desa merupakan solusi Pemkab Karangasem dalam memajukan desa-desa di Karangasem. Pemerintah desa sebagai aktor penting dalam pembangunan di Indonesia ke depan, senantiasa bisa menjawab begitu pentingnya teknologi.

“Selain itu, dalam membangun Smart Desa atau Desa Cerdas tidak semata-mata terbatas pada kecanggihan ICT (Information, Communication dan Technology) saja. Tetapi yang lebih utama dan perlu ditekankan adalah bagaimana konsep konsep Smart Desa ini bisa mengubah kapasitas masyarakatnya dan tata cara mereka berinteraksi,” kata Mas Sumatri.

Program Smart Desa Pemkab Karangasem adalah jawaban dari kemajuan teknologi dan informasi yang memiliki tujuan memberikan keterbukaan informasi bagi masyarakat. “Desa sebagai subsistem dari sistem penyelenggaraan pemerintah secara nasional dan jajaran terdepan dalam penyelenggaraan pemerintah secara Nasional. Smart Desa Karangasem sesuai dengan namanya ditopang oleh seluruh komponen yang juga smart, mulai dari smart institusi, smart infrastruktur, smart pelayanan langsung, smart Teknologi dan Inovasi”, papar Mas Sumatri.

Dia berharap Smart Desa Duda Timur ini menjadi pendorong bagi Perbekel se-Kabupaten Karangasem untuk lebih berinovasi demi memajukan desanya.

Sementara itu, Perbekel Desa Duda Timur, I Gede Pawana mengatakan penghargaan ini merupakan tantangan, “Awal penyelenggaraan Smart Desa ini merupakan tantangan dari kementerian yang disampaikan saat sebelum adanya desa yang memanfaatkan aplikasi online untuk keperluan kependudukan. Saya berharap semoga desa-desa yang lain juga bisa menerapkan hal serupa,” tutup Gede Pawana.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7705 seconds (0.1#10.140)