Astra Group dan Pemerintah Desa Perbaiki Tanggul Sungai Lariang yang Jebol

Selasa, 08 Mei 2018 - 17:02 WIB
Astra Group dan Pemerintah Desa Perbaiki Tanggul Sungai Lariang yang Jebol
Astra Group dan Pemerintah Desa Perbaiki Tanggul Sungai Lariang yang Jebol
A A A
PASANGKAYU - Prihatin terhadap kondisi warga Dusun Kalindu, Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangayu, Provinsi Sulawesi Barat, yang kini terancam terisolir akibat jebolnya tanggul Sungai lariang. Lima perusahaan sawit milik Astra Group bersama pemerintah desa mulai melakukan perbaikan terhadap tanggul yang jebol.
Astra Group dan Pemerintah Desa Perbaiki Tanggul Sungai Lariang yang Jebol

Sebelumnya tanggul yang jebol tersebut, mengancam ribuan hektare lahan perkebunan milik warga dan nyaris tenggelam. Selain itu luapan Sungai Lariang akibat jebolnnya tanggul juga kini mulai mengancam jalan penghubung antar desa. Tak hanya itu, khawatir dengan kondisi debit air yang makin meningkat beberapa masyarakat di Dusun Kalindu mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Untuk mengantisipasi luapan Sungai Lariang yang menerjang ke perkampungan warga, pihak perusahan dari Astra Group kini mulai memobilisasi material batu gajah ke lokasi terjadinya tanggul jebol. Tak hanya itu akses jalan penghubung antar desa yang hanya berjarak kurang lebih 1 meter dari sungai juga mulai menjadi perhatian perusahan dan pemerintah desa.

Kepala Desa Lariang Firman mengatakan, pihaknya bersama dengan pihak perusahan akan segera melakukan perbaikan agar lahan perkebunan milik warga serta akses jalan penghubung antar desa tidak terputus dihantam derasnya Sungai Lariang yang meluap.

“Perusahan akan segera melakukan perbaikan agar lahan perkebunan milik warga serta akses jalan penghubung antar desa tidak terputus dihantam derasnya Sungai Lariang yang meluap," kata Firman, Selasa (8/5/2018).

Sementara Fitriansyah, Koordinator Teknik Area Celebes bersama tim dari lima perusahaan sawit (Astra Group) mulai melakukan pekerjaan dengan memobilisasi batu gajah ke lokasi tanggul jebol.

“Sementara untuk menanggulangi air luapan sungai yang terus mengancam keselamatan warga, pihak Astra Group akan membuat pengalihan arus," kata Firiansyah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3961 seconds (0.1#10.140)