Akses ke IKN, Mantan Bupati Tanah Bambu Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Bypass Banjarbaru

Kamis, 18 Januari 2024 - 09:27 WIB
loading...
Akses ke IKN, Mantan Bupati Tanah Bambu Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Bypass Banjarbaru
Poros Jalan Bypass dari Ibu Kota Provinsi Kalsel di Banjarbaru melintasi wilayah Awang Bangkal menuju Batulicin ke IKN. Foto/Istimewa
A A A
BANJARMASIN - Poros Jalan Bypass dari Ibu Kota Provinsi Kalsel di Banjarbaru yang melintasi wilayah Awang Bangkal menuju Batulicin tersebut merupakan jalan untuk menunjang akses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pembangunan infrastruktur Jalan Bypass atau penghubung bebas hambatan dari Banjarbaru ke Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan segera rampung, agar bisa dinikmati masyarakat Kalimantan Selatan.

Mantan Bupati Tanah Bumbu periode 2018-2021, Sudian Noor melihat perlunya percepatan dorongan Wakil Rakyat di DPR RI untuk menyelamatkan desa-desa terisolir seperti Rantau Balai, Bunglai, Apuai, Tiwingan Baru, Rantau Bujur, Sungai Luar, dan lain-lain.



”Dengan dorongan saya sebagai wakil rakyat nanti dipusat, progress pembangunan jalan bypass Tanah Bumbu Banjarbaru segera rampung, selama ini permasalahan keterbatasan anggaran,dan itu akan saya perjuangkan,” kata Sudian Noor, Kamis (18/1/2024).

Selama ini, Sudian Noor mengatakan, Pemerintah Daerah berjalan tergopoh-gopoh menyelesaikan pembangunan jalannya sejauh 104.85 KM, meski mereka mengaku proyek pengerjaannya sudah mencapai 65 persen.

Saat ini, belum ada bantuan dana dari Pemerintah Pusat, namun Sudian Noor akan berjuang untuk meminta bantuan dana melalui Kementerian PUPR.



“Memang saat ini anggaran murni dari APBD Kalsel dan tidak ada bantuan dari pusat. Harusnya Kementrian PUPR,” tegasnya.

Pengerjaan dilakukan secara bertahap ini pada tahun anggaran 2023 dianggarkan kurang lebih Rp150 miliar untuk pengerjaan perbaikan jalan lanjutan dan pengerjaan jembatan beserta box tengah ruas jalan yang menghubungkan Banjarbaru dan Batulicin.

Sugiannor menambahkan, Pekerjaan rumah Pemerintah bukan hanya merampungkan Pembangunan infrastruktur JalanBypass, namun juga membangun ekonomi sejumlah desa yang nantinya akan terbuka.

”Saya memiliki solusi untuk percepatan ekonomi di sana, agar dampak dari IKN akan sangat terasa, apalagi ini akses cepat menuju IKN Nusantara di Penajam Paser Utara,” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)