Wali Kota Tangsel Serahkan 97 Sertifikat Tanah Hasil Program PTSL ke Masyarakat  

Rabu, 10 Januari 2024 - 11:18 WIB
loading...
Wali Kota Tangsel Serahkan 97 Sertifikat Tanah Hasil Program PTSL ke Masyarakat  
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie bersama Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan Shinta Purwitasari menyerahkan puluhan sertifikat hasil Program PTSL ke masyarakat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangsel menyerahkan puluhan sertifikat hasil dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi masyarakat.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie bersama Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan Shinta Purwitasari, Kepala Kantor Wilayah BPN Banten, Sudaryanto beserta unsur Forkopimda, di Aula Blandongan Puspemkot Tangsel, pada Selasa, 9 Januari 2024.

"Melalui kerja sama yang erat dengan Badan Pertanahan Nasional Kota Tangerang Selatan, kita telah berhasil mengambil langkah besar dalam memastikan semua warga memiliki kepastian atas tanah yang mereka tempati," ucap Wali Kota Benyamin, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: Ribuan Penerima Sertifikat di Tangsel Rebutan Salaman dengan Jokowi

Menurut Davnie, pada 2024 program ini menargetkan bisa menyelesaikan 1.423 bidang. Hingga hari ini pemberkasan telah selesai mencapai 100%. "Capaian ini adalah bukti dari kerja keras, dedikasi dari semua pihak yang terlibat. PTSL telah tersebar di seluruh penjuru kota kita, mencakup 7 kecamatan, 49 kelurahan. Tinggal sisa 5 lagi kelurahan," ujarnya.



Dalam kesempatan itu Benyamin sempat berdialog dengan salah satu warga penerima manfaat Program PTSL, Nafsiah. "Bagaimana Bu Nafsiah, senang sudah ada sertifikatnya? jangan disekolahin ya Bu. Dengan penyerahan ini, nanti Ibu Nafsiah telah mendapatkan kepastian hukum," tanya Benyamin.

"Alhamdulillah senang, Pak," jawabnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan Shinta Purwitasari mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari penyerahan sertifikat PTSL yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2023.

"Kita menyerahkan kepada 97 masyarakat penerima sertifikat di Tangerang Selatan, melanjutkan penyerahan sertifikat dari Presiden tahun lalu yang kita kirim sebanyak 23 orang perwakilan dari Tangsel ke Istana," paparnya.

Tak hanya bagi masyarakat, Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan juga menyerahkan sebanyak 52 sertifikat aset milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan. "Sedangkan jumlah bidang aset Pemerintah Kota Tangerang Selatan ditargetkan sebanyak 862 bidang, dengan jumlah yang sudah terdaftar di kami 206 bidang," jelasnya.

Dia menambahkan, berbagai program tengah dijalankan dan digencarkan oleh Kantor Pertanahan Tangsel termasuk digitalisasi hampir di semua pelayanan.

"Di antaranya adanya Program Sultan untuk sarana konsultasi secara daring. Bergabungnya juga Kantah Tangsel di Mal Pelayanan Publik, lalu ada Pelataran, pelayanan tanah akhir pekan yang dilaksanakan khusus untuk pemohon langsung di Sabtu dan Minggu," ujar Shinta.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)