Calon Jamaah Haji Jateng-DIY Berangkat dari Bandara Adi Soemarmo

Kamis, 29 Maret 2018 - 22:11 WIB
Calon Jamaah Haji Jateng-DIY Berangkat dari Bandara Adi Soemarmo
Calon Jamaah Haji Jateng-DIY Berangkat dari Bandara Adi Soemarmo
A A A
SEMARANG - Meski Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, dipersiapkan untuk keberangkatan haji tahun ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah memastikan semua kelompok terbang (kloter) yang mengangkut rombongan calon jamaah haji Jateng dan DIY diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng Solikhin saat dihubungi SINDOnews, Senin (26/3/2018) malam.

"Semua kloter calon jamaah haji Jawa Tengah dan DIY berangkat dari Solo (Bandara Adi Soemarmo, Boyolali). Untuk tahun ini total ada 95 kloter terdiri dari 86 kloter dari Jateng dan 9 kloter DIY," ungkap Solikhin.

Dia menjelaskan bahwa kepastian pemberangkatan kloter Jateng dan DIY dari Solo merujuk surat keputusan Direktorat Jendral (Dirjen) Kemenag yang telah diterimanya.

"Jadi, keberadaan bandara di Kertajati itu lebih untuk memecah kepadatan kloter rombongan calon jamaah haji di Bandara Soekarno Hatta (Tangerang). Karena di dalam 1 kloternya berjumlah 450 orang, sedangkan untuk 1 kloter di Jateng berjumlah 350 orang," sebutnya.

Solikhin menambahkan, sebanyak 34.115 calon jamaah haji Jateng-DIY yang tergabung dalam 95 kloter akan mulai masuk Asrama Haji Donuhudan Boyolali pada 16 Juli mendatang.

"Kloter pertama direncanakan masuk asrama tanggal 16 Juli, kemudian terbang dari Bandara Adi Soemarmo pada 17 Juli," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5513 seconds (0.1#10.140)