Buaya Muara Masuk Kolam Warga, Ribuan Ikan Dimakan

Senin, 26 Maret 2018 - 17:10 WIB
Buaya Muara Masuk Kolam Warga, Ribuan Ikan Dimakan
Buaya Muara Masuk Kolam Warga, Ribuan Ikan Dimakan
A A A
MUSI RAWAS - Seekor buaya muara sepanjang 3 meter masuk ke kolam ikan milik Apriyono (32) di Desa Tri Karya Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas. Yang menyebabkan ribuan ikan jenis patin, mas dan nila habis dimakan. Sudah untuk ketiga kalinya buaya masuk dan memakan ikan di kolam milik Apriyono. Hingga akhirnya semalam sekitar pukul 02.00 WIB berhasil ditangkap karena masuk dalam perangkap.

Menurut pemilik kolam Ikan, Apriyono (32) sebelum tertangkap buaya itu kerap muncul di permukaan namun sulit ditaklukkan. Buaya itu masuk melalui pojok kolam perbatasan dengan Sungai Ketopak.

"Masuknya buaya ini sudah ketiga kalinya, namun baru semalam berhasil ditangkap, bersama lima warga lainnya, kemudian langsung di bawa ke Polsek Purwodadi. Sudah banyak ikan kami dimakan oleh buaya ini, bahkan ada buaya yang lebih besar lagi yang masuk namun belum bisa ditangkap sampai hari ini,” timpalnya.

Kades Tri Karya Sudarmin mengatakan, untuk penangkapan buaya di wilayahnya baru satu kali ini, tapi sebelum memang sudah pernah buaya itu terlilit jaring dan mati sendiri di sungai. Dan untuk masuk ke kolam milik warga ini baru pertama kalinya.

“Memang disini banyak habitat buaya, apalagi kalau musim hujan buaya akan naik ke darat, bahkan buaya ini sudah pernah makan satu ekor kambing milik warga. Untuk jenisnya kalau warga disini menyebutnya buaya katak atau cucut,” timpalnya.

Sedangkan Kapolsek Purwodadi Iptu Suarman menjelaskan, bahwa semalam warga Desa Tri Karya melaporkan adanya penangkapan buaya itu ke pihaknya, dan selanjutnya anggota bersama warga mengevakuasi buaya tersebut ke Mapolsek Purwodadi untuk diamankan.

Selanjutnya buaya ini akan dievakuasi oleh BKDSA Lahat yang kini sedang dalam perjalanan menuju Kabupaten Musi Rawas.

“Sekitar jam 2 semalam warga melapor ada buaya yang masuk ke dalam kolam ikan milik Apriyono, yang memang berdekatan dengan Sungai Ketopak. Memamg di sungai itu banyak buayanya. Apalagi musim hujan seperti ini buaya sering naik ke darat. Dan semalam berhasil ditangkap langsung diserahkan ke Mapolsek,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0138 seconds (0.1#10.140)