KNKT Investigasi Tragedi Tabrakan Kereta Api di Cicalengka: Cari Data dan Black Box

Sabtu, 06 Januari 2024 - 15:22 WIB
loading...
KNKT Investigasi Tragedi Tabrakan Kereta Api di Cicalengka: Cari Data dan Black Box
KNKT mulai melakukan investigasi untuk mengungkap penyebab kecekalaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung di petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Penyebab terjadinya tabrakan kereta yang melibatkan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya di Lintasan Petak Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung pada Jumat (5/1) masih dalam investigasi.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan proses investigasi baru akan dilakukan hari ini dengan melakukan wawancara kepada petugas-petugas yang terkait dalam peristiwa ini.

”Hari ini akan melakukan wawancara dengan petugas-petugas terkait, karena kemarin kita fokus kepada masalah penanganan korban dulu,” ujar Soerjanto di kantor UPT Resor Jalan Rel 2.9 Cicalengka Bandung, Sabtu (6/1/2024).



Soerjanto menjelaskan, investigasi yang dilakukan hari ini dimulai dengan interview kepada para petugasnya dan mengambil semua data yang ada di Stasiun Cicalengka maupun Stasiun Haurpugur dan dilakukan hingga hari Senin 8 Januari 2024.

”Iya, pertama kita lagi mau mewawancara, apa yang mereka rasakan dan alami, nanti kita akan cocokkan dengan data loger yang kita baca di Stasiun Haurpugur dan kalaupun di Cicalengka maka kita akan periksa di kedua keterangan itu, kita cari penyebab pastinya,” katanya.

Selain itu, para petugas pelayanan juga akan diwawancarai terkait bagaimana translate-an setelah diunduh dari data loger. ”Itu akan kami minta juga seperti apa pembacaannya, seputar proses aja. Jadi masih collecting, masih mengumpulkan semua data-data,” jelasnya.



Selain itu, Soerjanto menyebut dalam investigasi kali ini, dirinya belum bisa menyimpulkan berapa lama waktu dalam mengungkap tragedi ini. Selain mewawancarai petugas, pihaknya juga akan menggali informasi seperti penerbangan dengan mencari dari data Black Boxnya.

Soerjanto menyebut, terkait black box ini pihaknya terus berusaha untuk mengambil dari lokomotif. Karena lokomotif sendiri dalam keadaan rusak sehingga hal tersebut sedikit mengganggu dalam investigasinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)